Google Geser Apple Sebagai Perusahaan Paling Bernilai

Google dan Apple telah berjuang untuk meraih gelar merek paling bernilai di dunia selama bertahun-tahun. Tahun lalu, Apple telah mendominasi daftar itu sebagai nomor satu. Kini, menurut studi tahunan BrandZ oleh Millward Brown, sebagaimana dikutip Mashable, Rabu, 21 Mei 2014, Google kembali menempati posisi teratas dengan perkiraan nilai merek US$ 158,8 miliar (sekitar Rp 1.827 triliun), sementara Apple bernilai US$ 147,8 miliar (sekitar Rp 1.700 triliun).

Penelitian itu yang dirilis Rabu, 21 Mei 2014, itu menempatkan IBM di tempat ketiga, diikuti oleh Microsoft, McDonald’s, CocaCola, Visa, AT & T, Marlboro, dan raksasa online, Amazon, dalam daftar sepuluh merek teratas.

Facebook mengalami perubahan peringkat yang drastis: menabrak 10 level dan sekarang duduk di posisi ke-21. Adapun Samsung naik satu level ke peringkat 29. Tambahan baru yang menarik dalam daftar itu adalah LinkedIn, yang nilai mereknya diperkirakan sebesar US$ 12,4 miliar. Perusahaan itu menempati posisi ke-78.

Secara keseluruhan, Millward Brown memperkirakan 100 merek terpenting di dunia bernilai total US$ 2,9 triliun (sekitar Rp 33 ribu triliun). Untuk menentukan angka-angka ini, Millward Brown menggunakan data yang dikumpulkan melalui 150.000 wawancara dengan konsumen di seluruh dunia. Simak berita tekno lainnya di sini.

Leave a comment