Apple Akhirnya Rilis iPad 6 Dengan USB C

Apple akhirnya memperbarui seri iPad mini-nya dengan merilis iPad Mini 6 dengan desain baru yang mirip dengan jajaran iPad lain, termasuk iPad Pro. iPad Mini adalah tablet Apple yang paling kecil, dan mereka meningkatkan ukuran layarnya dari 7,9 inch menjadi 8,3 inch di generasi terbaru ini. Menariknya, dimensinya tetap sama dengan iPad mini yang sebelumnya.

Hal ini bisa dilakukan karena layarnya punya bezel yang tipis, sama seperti iPad Pro dan iPad Air. Panel layarnya ini menggunakan panel Liquid Retina Display, bukan Mini LED seperti di iPad Pro 13 terbaru. Tombol powernya menyatu dengan sensor Touch ID, ada di bagian kanan atas.

Selain desain baru, Apple pun mengubah port Lightning andalannya menjadi port USB-C. Ada juga opsi konektivitas 5G, selain pilihan WiFi only tentunya. Kamera belakang maupun depannya ditingkankan kemampuannya, dengan kamera ultrawide 12MP untuk kamera depan dengan fitur Center Stage.

Prosesor yang dipakai di iPad Mini 6 adalah A15, dan Apple mengklaim performa CPU 40% lebih kencang ketimbang A12 Bionic yang dipakai di iPad Mini 5 dan performa GPU 80% lebih kencang. Ada juga dukungan Apple Pencil terbaru, termasuk dukungan pengisian baterainya secara wireless. Selain iPad Mini 6, Apple juga merilis iPad generasi ke-9 dari iPad pertama yang dirilis pada 2010. Pembaruan utamanya adalah prosesor A13 Bionic, juga kamera depan 12MP yang mendukung Center Stage.

Kecuali prosesor dan kamera depan, bisa dibilang tak ada perubahan dibanding iPad generasi sebelumnya. Layar, bezel, kamera belakang, dan port Lightning. Prosesor baru ini menurut Apple 20% lebih kencang dibanding model sebelumnya. Apple Pencil generasi pertama dan Apple Smart Keyboard pun kompatibel dengan iPad 9 ini.

iPad yang akan dikapalkan dengan iPadOS 15 ini ditingkatkan kapasitas storage minimalnya, dari 32GB menjadi 64GB dengan harga varian termurah yang sama. iPad Mini 6 dijual dengan harga mulai USD 499 dan iPad 9 harganya mulai dari USD 329.

Leave a comment