Bahan Baku Teknologi Layar Sentuh Makin Murah

Teknologi layar sentuh sekarang ini sudah sangat identik dengan smartphone, termasuk juga sabak elektronik (sabak-e) atau tablet. Jika pada awalnya masih menggunakan pena stylus, sekarang cukup dengan ujung jari sudah dengan nyaman dan akurat mengendalikan operasi lewat layar.

Namun, kecanggihan sentuhan ini masih dibayang-bayangi kekhawatiran akan terbatasnya bahan baku yang digunakan. Bahan elektroda wafer-tipis yang terbuat dari indium-tin-oxide (ITO) masih merupakan elemen yang mahal dan jumlahnya terbatas.

Memang bahan ini terbilang ideal untuk layar sentuh, tetapi deposit indium di dunia ini sangat sedikit. Dikhawatirkan dalam jangka panjang pembuat gadget elektronik akan menggantungkan pada harga ITO yang dibuat pemasok.

Inilah sebabnya mengapa Institut Fraunhofer Jerman tergerak untuk mencari teknologi pengganti yang lebih murah dan bahannya ada di mana-mana. Dengan demikian, harga elektronik tidak dikendalikan oleh bahan yang juga disebut ”logam strategis” itu.

Upaya ini tidak sia-sia, para peneliti Fraunhofer berhasil mengembangkan layar sentuh dari bahan dengan kemampuan setara dengan ITO, tetapi harganya jauh lebih murah. Komponen utamanya adalah carbon nanotube dan polimer murah.

Foil elektroda baru ini terdiri dari dua lapis, satu sebagai pembawa, berupa foil tipis polyethylenterephthalate (PET) murah yang biasa digunakan membuat botol plastik. Kemudian, gabungan carbon nanotube dan polimer konduktor listrik ditambahkan dengan PET sebagai pelarut dan pembentuk film tipis saat kering.

Fungsi carbon nanotube membuat lapisan kombinasi plastik itu menjadi stabil sehingga tahan terhadap kelembaban, tekanan, atau sinar ultraviolet yang membuat rapuh polimer itu. Carbon nanotube yang mengeras dalam PET membuat sebuah jaringan sehingga lapisan itu menjadi awet.

Sebuah harapan yang melegakan, suatu saat pengguna gadget sudah terbiasa menggunakan layar sentuh, maka ledakan permintaan bahan layar sentuh bisa ditangani dan harganya makin murah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s