Opera Kini Pasang Fitur VPN Yang Bisa Akses Situs Yang Diblokir

Opera Software melakukan pembaruan dengan menyematkan beberapa fitur yang mengesankan. Sebab kini peramban ini disematkan layanan Virtual Private Network (VPN) secara gratis.

Sesuai namanya, VPN biasanya fitur untuk memanipulasi lokasi jaringan akses internet. Sehingga dapat menembus situs atau laman yang terbatas di negara tertentu saja atau malah diblokir sama sekali. Sebagai contoh, bila ingin mendapatkan katalog lebih lengkap di Netflix, pengguna harus berada atau menggunakan IP Addres asal Amerika Serikat.

Dengan kehadiran VPN dan disematkan fiturnya di Opera, maka pengguna cukup mengganti lokasi VPN yang berada di kiri kolom alamat situs dan menggantinya ke lokasi Amerika Serikat. Sejauh ini VPN gratis di Opera versi Developer baru tersedia di 3 negara, Amerika Serikat, Jerman dan Kanada.

Alat peramban asal Norwegia ini sendiri punya alasan khusus mengapa mereka akhirnya menyematkan fitur VPN secara gratis di Opera. Seperti dikutip dari blog resminya, Opera Software menukil hasil survei dari Indeks Web Global yang menyatakan lebih dari setengah miliar atau 24 persen dari populasi pengguna internet di dunia telah mencoba menggunakan layanan VPN.

Nah, menurut penelitian tersebut, ada alasan utama bagi orang menggunakan VPN ini:

– Untuk mengakses konten hiburan yang lebih baik (38 persen)
– Untuk menjaga anonimitas saat browsing (30 persen)
– Untuk mengakses jaringan dibatasi dan situs di suatu negara (28persen)
– Untuk mengakses situs yang dibatasi di tempat kerja (2 7persen)
– Untuk berkomunikasi dengan teman / keluarga di luar negeri (24 persen)
– Untuk mengakses situs-situs berita yang terbatas di suatu negara (22 persen)

Memang tak selamanya VPN digunakan hal yang lumrah, karena tidak bisa dipungkiri bagai Pisau Bermata Dua, fitur ini mungkin saja dimanfaatkan untuk akses-akses dilarang karena norma, budaya setempat serta mengancam kelanggengan kekuasaan pemerintah. Sehingga, tanggung jawab ada sepenuhnya di tangan pengguna Opera dan memang dari dulu tanggung jawab selalu ada ditangan masing-masing orang dan bukan pemerintah.

Opera mengklaim jadi browser besar pertama yang menyediakan fungsi Virtual Private Network (VPN). VPN tersebut bisa dipakai pengguna Opera untuk memanipulasi tempat di mana mereka mengakses Interent. Dalam pilihannya hanya ada tiga negara, Amerika Serikat, Kanada dan Jerman. Fungsi pada browser sebenarnya bukan hal baru, namun biasanya pengguna harus mengunduh ekstensi atau membayar ke layanan tertentu untuk mendapatkannya. Opera mengambil langkah radikal.

“Kami adalah browser besar pertama yang mengintegrasikan fungsi VPN secara gratis dan tanpa batas,” tulis pernyataan Opera pada situs resminya. Fungsi ini tercipta setelah Opera mengakuisisi SurftEasy pada Maret 2016 lalu. SurftEasy sendiri merupakan plugin VPN khusus untuk Opera yang saat ini masih tersedia dengan berlangganan US$ 4 sebulan.

VPN gratis yang ditawarkan Opera tidak kalah canggih dengan layanan sejenis yang berbayar. Masih menawarkan enkripsi 256-bit, mampu menyembunyikan alamat IP pengguna, dan dapat mengakses situs-situs tertentu yang diblokir oleh pemerintah atau hanya diakses terbatas di negara tertentu saja.

Sejauh ini fungsi VPN hanya tersedia di Opera Developer versi komputer, namun ke depannya fungsi ini akan diperluas ke versi lainnya. Seperti terobosan lain yang mereka lakukan yakni, pemblokir iklan. Fungsi pemblokir iklan yang biasa disediakan pihak ketiga itu ditanamkan Opera sejak Maret 2016. Menurut Opera, cara ini diklaim Opera dapat mempercepat pemuatan laman web hingga 90 persen.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa sebagian besar halaman web saat ini diperlambat secara signifikan oleh iklan yang berlebihan. Kami tidak bisa menerima itu. Sebagai pengguna, kami ingin web menjadi tempat yang lebih baik bagi kita semua,” kata Krystian Kolondra, SVP Engineering and Head of Opera untuk divisi komputer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s