Z Camera E1 Kamera Mirrorless Terkecil

Rata-rata kamera mirrorless memang lebih kecil dibandingkan saudaranya, DSLR tradisional. Tapi yang satu ini ukurannya terbilang sangat mungil sambil tetap mempertahankan fitur-fitur teranyar, seperti perekaman video 4K. Sebagaimana dirangkum dari PetaPixel, Rabu (22/7/2015), kamera bernama E1 besutan perusahaan Z Camera yang diperkenalkan akhir minggu lalu itu pun diklaim sebagai “Mirrorless 4K” terkecil di dunia.

Besarnya kurang lebih sama dengan kamera aksi GoPro. Bentuknya yang nyaris persegi juga mirip. Bedanya, E1 dibekali sensor yang lebih besar (micro four thirds, 16 megapixel) sehingga menjanjikan kualitas gambar lebih bagus dan lensanya bisa digonta-ganti.

Jumlah lensa micro four thirds yang bisa dipasangkan ke E1 mencapai 60 buah dari segala jenis, mulai ultra wide, fish-eye, hingga super tele dan macro, termasuk lensa-lensa bikinan Panasonic dan Olympus yang juga tergabung dalam konsorsium Four Thirds. E1 sendiri mampu merekam video 4K (4096×2160) dengan frame rate 24 FPS atau video ultra-HD (3840×2160) dengan frame rate 30 FPS.

Dengan rentang sensitivitas hingga ISO 102.400 dan teknologi noise filtering 3D baru, ia dijanjikan bisa menghasilkan jepretan low-light yang “luar biasa”. Spesifikasi lain termasuk layar LCD 2,5 inci di bagian belakang, baterai yang bisa bertahan selama 45 menit untuk merekam video 4K, Bluetooth, serta WiFi untuk koneksi dengan smartphone Android atau iOS. Contoh hasil jepretan Z Camera E1 bisa dilihat di tautan berikut. Adapun sample video 4K hasil rekamannya tersedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s