Windows 10 Dijamin Selama 10 Tahun

Bulan Januari lalu, Microsoft menyatakan bahwa pengguna sistem operasi Windows 10 bakal mendapat support “selama masa hidup” perangkat. Istilah rentang waktu yang rancu tersebut sempat menimbulkan kebingungan, tapi kini Microsoft telah menjelaskan maksudnya lebih lanjut. Menurut dokumen Microsoft yang dirangkum dari PC World, Windows 10 bakal terus disuguhi “mainstream support” (fitur dan tweak baru) hingga 13 Oktober 2020.

Setelahnya, Windows 10 bakal memasuki masa “extended support” alias masih mendapat update berupa patch sekuriti hingga 14 Oktober 2025. Bisa dibilang, sistem operasi ini “dijamin” hingga 10 tahun ke depan. Update selama 10 tahun tersebut bakal terus disalurkan langsung oleh Microsoft ke para pemilik komputer dengan sistem operasi Windows 10, bahkan jika pabrikan komputer yang bersangkutan sudah tidak memberikan support sekalipun.

Skema masa dukungan yang diberikan terhadap Windows 10 sejalan dengan sistem-sistem operasi pendahulunya, yakni Windows Vista, 7, dan 8. Apa yang akan terjadi begitu “extended support” berakhir? Sistem operasi yang bersangkutan bakal tak lagi mendapat dukungan sama sekali sehingga membahayakan kestabilan dan kemanan komputer, seperti yang terjadi pada Windows XP tahun lalu.

Windows 10 sendiri dijadwalkan meluncur untuk platform PC dan tablet pada 29 Juli mendatang. Windows 10 Mobil untuk smartphone akan menyusul belakangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s