Ada Fitur Khusus Gosip dan Private Chat di BBM Terbaru

BlackBerry Messenger (BBM) selama ini sudah menyediakan sejumlah fitur untuk obrolan privat seperti Timed Message yang secara otomatis menghapus pesan dan foto terkirim setelah beberapa waktu, juga Message Retraction untuk menarik kembali pesan terkirim. Tapi privasi penggunanya masih belum benar-benar terjamin karena lawan bicara bisa mengambil screenshot untuk merekam pembicaraan sebelum sempat terhapus atau ditarik kembali.

Inilah yang coba diatasi lewat fitur baru bernama Private Chat. Sebagaimana dituangkan dalam blog resmi BlackBerry, Private Chat menyembunyikan identitas para pengguna BBM yang terlibat dalam sebuah sesi obrolan privat, termasuk nama dan profile picture.Pengguna pun bisa bebas bergosip tanpa perlu khawatir identitasnya bakal ketahuan, kalaupun isi obrolan disimpan dengan cara screenshot.

BlackBerry mencontohkan penggunaan Private Chat dalam pembicaraan dua orang karyawan, di mana salah satunya mengatakan ingin berpura-pura “sakit”, seperti bisa dilihat dalam gambar di bawah. “Anda lihat bedanya? Tak ada nama, foto profil, dan obrolan pun langsung dihapus dalam waktu singkat. Screenshot kini tak berguna karena tak ada yang tahu siapa yang terlibat dalam obrolan itu!” tulis BlackBerry.

Private Chat telah mulai tersedia untuk aplikasi BBM di BlackBerry 10, Android, dan iOS. Tapi fitur yang satu ini mesti diperoleh dengan cara berlangganan paket Privacy and Control seharga 1 dollar AS (Rp 13.300) per bulan.

Paket Privacy and Control yang menggantikan paket Timed and Retracted Message berisi sejumlah fitur berbayar lainnya, termasuk Timed Message, Retract Message, dan Edit Message untuk menarik pesan dan menyuntingnya sebelum dikirim kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s