Blackberry Generasi Berikut Akan Memakai Android

Kabar mengejutkan datang dari produsen ponsel pintar BlackBerry. Menurut gosip yang berhembus, perusahaan ini bergerak untuk membuat perangkat genggam selain menggunakan sistem operasi buatannya sendiri. Dan memang bisa ditebak, ponsel yang akan dibuat itu kasak-kusuknya akan memakai sistem operasi yang tengah naik daun, Android. Artinya, akan ada ponsel BlackBerry dengan OS murni buataan Google tersebut.

Sumber yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena mereka belum berwenang untuk membahas masalah ini secara terbuka, mengatakan kepada Reuters bahwa langkah untuk menggunakan Android merupakan bagian dari strategi BlackBerry yang fokus pada perangkat lunak dan manajemen perangkat. Dengan langkah menggunakan sistem operasi Android, belum jelas benar apakah ini akan menjadi akhir dari sistem BlackBerry 10 yang gegap gempita diumumkan pada awal 2013 lalu.

BlackBerry 10 sendiri bukan sesuatu yang asing bagi Android. Karena sistem operasi ini memberikan jalan bagi aplikasi Android untuk bisa diinstal dan berjalan di perangkat tersebut, langkah itu juga sebagai bentuk agar BlackBerry 10 makin diminati oleh pengguna. Di bawah kepemimpinan CEO Jhon Chen, BlackBerry terus melakukan pembenahan setelah pangsa pasar mereka mengalami penggerusan dan hanya mampu merengkus 1 persen dari total di seluruh dunia.

Sementara itu, ketika hal tersebut dikonfirmasi ke pihak BlackBerry. Perusahaan berbasis di Ontario, Kanada ini, enggan memberikan jawaban pasti atas rumor yang berkembang tersebut. “Kami tidak mengomentari rumor dan spekulasi, tapi kami tetap berkomitmen untuk sistem operasi BlackBerry 10, yang menyediakan keamanan dan produktivitas manfaat yang tak tertandingi,” kata perusahaan dalam sebuah email.

Sudah bukan rahasia umum, saat ini aplikasi pesan instan tak lagi mengandalkan fitur bertukar pesan semata saja. Lebih dari itu, mereka memperluas layanannya dalam satu kesatuan platform. Seperti Line, pengguna juga bisa memainkan game-game besutan pihak ketiga dan menghubungkannya ke layanan pesan instan tersebut. Dan tak cuma Line yang melakukan hal tersebut, karena kini ada BlackBerry Messenger (BBM).

Dikutip melalui blog resminya, BBM memperkenalkan fitur yang diberi nama BBM Connect Game dan untuk sementara hanya bisa digunakan untuk pengguna Android saja. Game-game tersebut bisa diundh melalui BBM Connect Apps dan terintegrasi dengan akun pengguna BBM. Nantinya, ketika bermain, pengguna bisa berinteraksi, berbagi nilai dan mengirimkan uang virtual ke kontak BBM yang ikut bermain.

Beberapa game yan terkoneksi dengan BBM Connect ini diantaranya Altermyth Daruma Fever, Altermyth Deceazed dan Binary Works Wayang Jump. “Produktivitas selalu identik dengan BBM dan BlackBerry. Namun kita semua membutuhkan waktu rehat untuk menyeimbangkan antara kerja dan hidup. Apalagi ponsel pintar membuat kita sulit untuk melepaskan diri,” tulis pihak BlackBerry. “BBM memiliki cara yang lebih baik untuk Anda dengan menambahkan kehidupan yang seimbang dengan memberikan pembaruan dengan intergrasi game ke kontak BBM.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s