Mengenal Lebih Jauh Kehebatan Prosesor 64-bit di Smartphone

Salah satu sistem operasi gadget mobile yang paling banyak digunakan di dunia adalah Android. Sejak pertama kali diluncurkan oleh Google pada tahun 2007, perkembangan Android sangat pesat. Hingga saat ini Android telah menguasai lebih dari 80% market share dunia. Sistem operasi Android terbaru saat ini adalah versi 5.1 (Lollipop).

Sejak awal diluncurkan, Android menggunakan arsitektur 32 bit sesuai chipset yang tersedia di industri mobile gadget. Arsitektur ini membatasi memory yang bisa diakses oleh sistem Android hanya sebesar 4 GB. Namun tahun ini chipset untuk mobile gadget telah mengalami perkembangan yang revolusioner.

Saat ini telah tersedia arsitektur chipset 64 bit yang meningkatkan performa gadget secara keseluruhan. Perubahan arsitektur chipset juga meningkatkan jumlah memory yang bisa diakses menjadi 16 TB. Untuk mengikuti perkembangan ini, sistem operasi Android Lollipop pun sudah menggunakan arsitektur 64 bit. Banyak aplikasi yang telah disesuaikan untuk memanfaatkan keunggulan ini.

Saat ini ada 2 versi handset Android Lollipop yang beredar di pasaran. Ada yang menggunakan versi 32 bit dan versi 64 bit. Salah satu handset 4G yang telah menggunakan prosesor 64 bit adalah Polytron Zap 5 4G450. Zap 5 menggunakan processor Snapdragon MSM8916 dari Qualcomm. Ini adalah prosesor 64 bit dengan konfigurasi quad core dan frekuensi 1.2 GHz.

Berkat penggunaan chip Snapdragon MSM8916, Polytron Zap 5 mampu memberikan performa optimal saat OS-nya di-upgrade ke Android Lollipop. Upgrade Lollipop ini rencananya akan tiba pada kuartal ke-III tahun 2015. Polytron Zap 5 mendapatkan Selular Award sebagai Most Affordable 4G Smartphone 2015. Ini merupakan indikasi bahwa Polytron Zap 5 adalah salah satu smartphone 4G terbaik.

Jaringan 4G sekarang sudah tersedia di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya dan Medan. Jadi rasanya tidak salah jika sekarang merupakan waktu yang tepat untuk membeli smartphone 4G. Apalagi perbedaan harga dengan smartphone 3G tidak banyak.

Salah satu smartphone 4G yang mampu mendukung jaringan 4G semua operator telekomunikasi Indonesia adalah Polytron Zap 5 4G450. Polytron Zap 5 mendukung semua bandwidth yang digunakan oleh Telkomsel, XL dan Indosat sekarang maupun di masa mendatang.

Polytron Zap 5 menggunakan teknologi 4G LTE – FDD Cat 4 yang bekerja di Band 8 (900 Mhz), Band 3 (1800 MHz), Band 1 (2100 MHz), Band 7 (2600 MHz), Band 2 (1900 MHz) dan Band 5 (850 MHz). Dengan menggunakan teknologi ini, Polytron Zap 5 bisa melakukan komunikasi data hingga 150 Mbps.

Selain menggunakan teknologi jaringan terkini, Polytron Zap 5 juga menggunakan prosesor terkini yaitu Qualcomm Snapdragon MSM8916. Prosesor ini menggunakan arsitektur 64 bit yang memiliki performa jauh lebih baik daripada prosesor 32 bit yang sekarang ada di pasaran.

Performa prosesor 64 bit ini ditunjang oleh RAM 1 GB dan ruang penyimpanan berkapasitas 8 GB. Untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan data, Anda bisa menggunakan SD Card tambahan hingga 32 GB. Polytron Zap 5 memiliki layar seluas 4.5 inci beresolusi FWVGA (854 x480) dengan teknologi IPS.

Maka itulah Polytron Zap 5 terasa pas di genggaman dan layarnya pun lebih terang. Polytron Zap 5 juga dilengkapi kamera belakang beresolusi 5 MP dengan Auto Focus dan kamera depan VGA. Gambar yang dihasilkan oleh Polytron Zap 5 tajam karena mengunakan sensor kamera yang lebih baik.

Polytron Zap 5 4G450 bisa didapatkan dengan harga yang tidak terlalu jauh berbeda dari handset 3G di pasaran. Maka dari itu lah, Anda tidak perlu lagi bingung atau bertahan dengan handset 3G. Handset 4G dengan spesifikasi lebih baik bisa didapatkan dengan harga yang tidak selisih jauh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s