Komputer CHIP Mulai Dijual Seharga Rp. 100.000,-

Sebuah perusahaan bernama Next Thing Co sedang mengembangkan komputer mini bernama CHIP dengan cara menggalang dana di situs web Kickstarter. Rencananya, komputer ini akan dibekali lubang koneksi (port) yang lebih banyak dari MacBook terbaru berukuran 12 inci. Ketimbang MacBook terbaru yang hanya menyediakan satu port USB Type-C, CHIP menyediakan tiga port yaitu USB, Micro USB, dan jack audio 3,5 mm. Bahkan, CHIP mediakan lubang SD card untuk memberi pilihan ekspansi media penyimpanan data.

Baca juga: Ketika Perusahaan Besar Bikin Komputer Sebesar Jempol Next Thing Co menjanjikan komputer seukuran kartu kredit ini dapat digunakan untuk terhubung ke Internet, memeriksa email, bahkan bermain game. Harga yang ditawarkan sangat murah, US$ 9 dollar atau sekitar Rp 117 ribu jika dikonversi dengan kurs mata uang saat ini.

Di dalamnya sudah berjalan sistem operasi Linux lalu ada aplikasi pendukung Libre Office untuk memenuhi tugas perkantoran, aplikasi peramban Chrome, dan alat pengkodean Scratch, pemutar video VLC, dan aplikasi rekayasan gambar GIMP. Di dalam CHIP terdapat prosesor berkecepatan 1 GHz, memori RAM 512 MB dan kapasitas memori internal 4 GB. Tak ketinggalan pula fungsi nirkabel seperti Bluetooth 4.0, dan Wi-Fi 802.11 b/g/n.

CHIP dapat dioperasikan bersama dengan keyboard, mouse, dan layar komputer. Si pembuat merancang komputer ini untuk pengembang aplikasi dan para pehobi komputer. CHIP sejatinya akan meramaikan pasar komputer seukuran kartu kredit yang telah diramaikan oleh Arduino, Raspberry Pi, Google Chromebit dan Intel Compute Stick

Intel pernah mengumumkan bahwa mereka punya komputer yang hanya seukuran jempol pria dewasa. Komputer tersebut kini siap dipasarkan dan siap dipesan. Produk bernama Compute Stick diperkenalkan pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2015. Ukurannya seperti flash disk, tapi diklaim punya kemampuan layaknya Personal Computer (PC) berukuran besar. Mulai hari ini, Senin (6/4) komputer kecil itu sudah bisa dipesan di beberapa situs belanja online dunia. Newegg misalnya, di situs tersebut Compute Stick bisa dipesan dengan harga US$ 150 untuk versi Windows 8 dan US$ 110 untuk versi Linux.

Di situs Newegg kedua versi Compute Stick tertulis memiliki spesifikasi sama, prosesor Intel Atom empat inti, memori RAM 2 GB dan media penyimpanan 32 GB. Sedangkan situs Amazon dan Zones menyebutkan bahwa versi Linux punya spesifkasi yang lebih rendah. Compute Stick memiliki port HDMI 1.4a sebagai penghubung untuk menampilkan gambar pada layar. Selain itu perangkat ini juga memiliki port USB untuk menghubungkan dengan keyboard atau mouse.

Spesifikasi dari komputer mini ini juga terbilang cukup tinggi. Intel Compute Stick menggunakan Intel Atom empat inti sebagai otak penggerak. Perangkat ini memiliki kapasitas penyimpanan hingga 32 GB dengan 2 GB RAM. Soal konektivitas, Compute Stick memiliki WiFi 802.11b/g/n dengan Bluetooth 4.0 serta port Micro USB yang dapat mempercepat pertukaran data.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s