Review LG G4 Yang Dijual Lebih Murah Dari Samsung Galaxy S6

LG sepertinya menjadikan Galaxy S6 sebagai sasaran psywar-nya. Setelah membandingkan dari sisi prosesor, kini G4 disebut bakal lebih murah ketimbang ponsel flagship Samsung tersebut. G4 sendiri diluncurkan bersamaan dengan S6 yang digelar di Jakarta hari ini. Para pencinta gadget tentu bertanya-tanya dengan spesifikasi kelas atas, berapa harga jual dari kedua ponsel tersebut.

Menyoal spesifikasi ponsel, LG coba membuat konsumen terpana dengan jeroan dan material yang membalut G4. Namun bukan berarti penerus G3 itu bakal berharga lebih mahal dibanding S6. “Untuk harga kami belum bisa kami beri tahu, tapi yang pasti harga G4 lebih rendah ketimbang S6. Lebih tepatnya harganya kompetitif,” tegas Head of LG Mobile Indonesia Damond Kim kepada sejumlah media Indonesia yang diundang ke acara peluncuran di Singapura, Rabu (29/4/2015).

Di Indonesia, G4 sendiri akan diluncurkan secara resmi pada 29 Mei mendatang. Meski demikian pemesanan handset sudah dibuka sejak 13 Mei. Untuk G4 yang dilepas di Indonesia akan difasilitasi dengan dual sim 4G LTE. LG akhirnya meresmikan ponsel flagship teranyarnya, G4. Acara peluncuran ponsel ini dilakukan secara bersamaan di London dan New York tadi malam, serta di Singapura pagi ini.

Dan seperti yang sebelumnya diisukan, G4 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 808, yang lebih rendah dibanding Snapdragon 810. Ini adalah prosesor 64 bit dengan enam inti, terdiri dari dual core Cortex 1-57 dan quad core Cortex-153. LG mengklaim bahwa mereka bersama Qualcomm sudah mengoptimasi prosesor ini sehingga kinerjanya lebih tinggi dibanding Exynos 7420 yang digunakan di Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge. RAM-nya 3 GB dengan storage 32 GB dan bisa diekspansi menggunakan slot microSD.

Namun sayangnya klaim LG tersebut tidak dibarengi dengan hasil benchmark dari perangkat tersebut. Sementara Galaxy S6 Edge ketika di-benchmark menggunakan AnTuTu bisa mencapai angka 68 ribu.LG G4 menggunakan layar 5,5 inch dengan resolusi QHD, dengan jenis panel Quantum LCD. Keunggulannya, seperti diklaim LG, akan mempunyai akurasi warna yang sangat tinggi. Menurut LG, panel ini bisa mereproduksi warna 20% lebih banyak, 25% lebih cerah, serta tingkat kontras lebih tinggi 50% dibanding layar G3.

Sistem operasinya Android 5.1 Lollipop, dengan tampilan UX 4.0. Menurut LG, UI ini sudah mereka bersihkan dari bermacam bloatware. Contoh paling sederhananya, LG menggunakan Chrome sebagai browser standar di ponsel ini. Sementara dari segi kamera, G4 menggunakan sensor berukuran 1/2,6″ dengan resolusi 16 megapixel. Lensanya punya bukaan diafragma F/1,8, yang juga dilengkapi dengan optical image stabilization (OIS) dengan sistem 3 axis.

Untuk mengisi baterai 3000 mAh-nya, LG menyiapkan charger dengan rating 1,8A, yang juga mendukung wireless charging dengan back cover khusus. G4 akan tersedia di Korea Selatan mulai besok, sementara untuk negara lain belum disebutkan tanggal ketersediaannya.LG resmi meluncurkan ponsel flagship terbaru yang diberi nama G4. Perangkat ini disebut sebagai perwujudan ambisi besar LG untuk bersaing di segmen ponsel kelas berat.

Bersama sejumlah media Indonesia lainnya diundang dalam acara peluncuran G4 di Art & Science Museum, Marina Bay Sand, Singapura, Rabu (29/4) pagi waktu setempat. Acara peluncuran tak hanya di Singapura, namun secara bersamaan di New York, London, Paris, Istanbul, dan Seoul.LG mengklaim ada 1.000 undangan yang menyaksikan kelahiran jagoan baru pabrikan asal Korea Selatan itu. Demi bersaing dengan vendor ponsel lain yang sudah menelurkan produk flagshipnya, LG pun menyematkan beberapa jeroan yang diklaim terbaik di kelasnya.

Salah satu adalah dengan menyematkan bukaan lensa kamera 1,8 yang mampu mengambil gambar 80 persen lebih terang ketimbang yang dipakai di pendahulunya, G3. Untuk sisi resolusi, kamera belakang LG sudah menggunakan 16 megapixel serta 8 megapixel di kamera depan.Layarnya pun sudah menggunakan IPS Quantum Display yang bakal memanjakan mata penggunanya dengan resolusi 2.560 x 1.440 piksel.

Dari sisi dapur pacu, LG akhirnya menggunakan Snapdragon 808 seperti yang sudah ramai diberitakan sebelumnya serta RAM 3 GB.Untuk sisi baterai, LG menyematkan baterai berkekuatan 3.000 mAh yang sudah lebih digunakan di G3 dan terbukti mampu menopang aktivitas ponsel seharian, tanpa perlu berkali-kali charger. Dimensi G4 sendiri, dengan ukuran 148,9×76,1×6,3 mm. Dengan ketebalan 9,9 mm dan berat 155 gram, rasa-rasanya G4 bakal nyaman digenggam tangan.

Untuk jaringan, G4 tentu sudah men-support LTE 4G seperti kebanyakan ponsel-ponsel kelas atas lainnya. G4 tersedia dalam ada abu-abu metalik, putih, dan emas untuk cover belakang keramik. Untuk kulit ada hitam, coklat, merah, biru langit, beige, dan kuning. Seperti tagline, “See The Great, Feel The Great”, LG mengharapkan para konsumen bakal merasakan kehebatan dari G4 yang disebut sebagai perwujudan ambisi besar mereka dalam persaingan smartphone kelas premiumDatang sebagai penantang, LG G4 tentu harus punya senjata mematikan untuk bisa bertarung di kasta tertinggi industri ponsel. Berikut tiga hal yang dijagokan LG dari ponsel flagship ini: desain, layar, dan kamera.

Desain
Dari segi desain, tentu yang paling mencolok adalah cover belakang yang terbuat dari kulit asli. Tak sekadar kulit, LG menyebut bahwa kulit-kulit ini dioleh melalui sebuah proses yang bernama vegetable tanning. Proses tersebut adalah sebuah standar untuk industri kulit mewah, dan hanya sekitar 10% dari bahan kulit yang mengalami pemrosesan seperti ini. Ada enam pilihan warna untuk back cover berbahan kulit ini. Jika tak suka dengan bahan ini, G4 juga akan tersedia dengan cover belakang dengan bahan plastik. Cover yang bisa digonta-ganti ini akan tersedia dengan sebuah pola unik, dengan tiga pilihan warna, Ceramic White, Metallic Gray dan Shiny Gold.

Layar
LG G4 menggunakan layar 5,5 inch dengan resolusi QHD, atau 2560 x 1440 pixel. Panel layar yang digunakan oleh LG adalah Quantum LCD. Ini juga layar QHD pertama yang menggunakan teknologi Advanced In-Cell Touch (AIT)Keunggulannya, seperti diklaim LG, akan mempunyai akurasi warna yang sangat tinggi. Menurut LG, panel ini bisa mereproduksi warna 20% lebih banyak, 25% lebih cerah, serta tingkat kontras lebih tinggi 50% dibanding layar G3.

Kamera
LG membenamkan kamera dengan resolusi 16 megapixel di G4. Tak cuma resolusi besar, lensa yang digunakan mempunyai bukaan diafragma f/1,8. Ini membuat jumlah cahaya yang masuk ke sensor lebih besar.Performa low light-nya juga semakin baik dengan penggunaan OIS 2.0, yang diklaim dua kali lebih baik dibanding OIS+ di G3. Dalam optical image stabilization kali ini, LG menggunakan stabilizer 3 axis, ketimbang 2 axis seperti di G3.

Pengguna G4 juga bisa memilih Manual Mode di kameranya, agar mempunyai pengaturan yang lebih personal. Penggunanya bisa mengatur fokus, shutter speed, ISO, kompensasi exposure, dan white balance secara manual. Foto yang dijepret pun bisa direkam dalam format RAW, yang lebih fleksibel ketika diolah lebih lanjut ketimbang format JPEG. Kamera ini bisa merekam video dengan resolusi 2160p alias 4K.

Sementara untuk kamera depan, LG menggunakan kamera beresolusi 8 megapixel. LG juga memodifikasi fitur Gesture Shot, yang kini jadi bernama Gesture Interval Shot. Dengan fitur ini, G4 akan mengambil 4 foto dalam interval 2 detik.Bersiap-siaplah bagi para pecinta LG, karena pabrikan asal Korea Selatan itu akan mulai membuka pre order G4 di Indonesia mulai 13 Mei mendatang.

Hal itu disampaikan langsung oleh Head Mobile LG Indonesia Damond Kim di sela-sela peluncuran ponsel flagship terbarunya G4 di Art & Science Museum Singapura, Rabu (29/4) siang waktu setempat. “Untuk Indonesia, pre order akan dibuka mulai tanggal 13 Mei mendatang. Lalu launching resminya diadakan pada 29 Mei,” ujar Kim.

Ditambahkan oleh Head of Marketing Product LG Mobile Indonesia Adinda Nesvia, nantinya para calon pembeli bisa memesan langsung di seluruh gerai LG Mobile Store yang ada di Indonesia dan juga sejumlah situs jual beli online. Bakal ada sejumlah promo yang diberikan oleh LG termasuk bonus baterai 3.000 mAh dan kartu memori penyimpanan. Calon pembeli disebut bakal mendapatkan handset tersebut sebelum acara launching resminya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s