Cara Menyimpan Percakapan Chating WhatsApp Di Google Drive

Aplikasi WhatsApp akan diperbarui dengan sejumlah fitur tambahan, termasuk fungsi untuk menyimpan seluruh percakapan di Google Drive. Aplikasi WhatsApp untuk Android memang tengah fokus dikembangkan. Sebelumnya, WhatsApp menyediakan fungsi untuk melakukan percakapan di komputer, lalu tak lama kemudian fungsi panggilan telepon disediakan.

Pada versi terbaru, yakni 2.12.45, WhatsApp untuk Android kedapatan fungsi terbaru yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan seluruh percakapan di Google Drive. Menurut blog Android Police, fungsi backup tersebut bisa bekerja dengan baik pada jaringan Wi-Fi. Tapi tak tertutup kemungkinan juga pengguna melakukan penyimpanan saat berada di jaringan seluler. Jadwal untuk penyimpanan juga bisa diatur sesuai kebutuhan pengguna. Namun secara default, aplikasi akan melakukan penyimpanan otomatis setiap hari pada pukul 04.00.

Sebelum menjalankan fungsi tersebut pengguna WhatsApp diminta untuk mengizinkan akses aplikasi ke Google Drive. Hal ini wajar, mengingat kedua merupakan entitas berbeda dari produsen yang berbeda pula.

Fungsi menyimpan pesan di Google Drive memang dianggap perlu. Selain bisa meringankan beban di memori ponsel, pengguna juga dapat dengan mudah mengembalikan semua percakapan saat berganti ponsel atau memperbarui aplikasi nanti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s