Cara Menelpon Gratis Lewat WhatsApp

WhatsApp baru saja merilis versi final dari fitur panggilan telepon untuk pengguna Android. Ini menambah panjang aplikasi pesan instan yang bisa melakukan telepon berbasis internet. Untuk mengunakan fitur voice di WhatsApp ini sangat mudah. Bila sebelumnya hanya terbatas untuk beberapa pengguna saja, kini pengguna layanan milik WhatsApp bisa menggunakannya asal berjalan di atas sistem operasi Android. Langkah awal, tentu saja pengguna WhatsApp harus berada di update terbaru yakni di versi 2.12.5. Bila belum berada di versi ini, tentu saja pengguna perlu melakukan pembaruan yang sudah tersedia di Play Store.

Setelah melakukan pembaruan, akan ada sedikit perubahan dari sisi antarmukanya. Tidak hanya tab ‘chats’ dan ‘contacts’, karena di bagian sisi paling kiri terdapat juga tab ‘calls’. Memulai panggilan telepon cukup sentuh tab ‘calls’ lalu tekan tombol ‘New call’ yang berada di bagian kanan atas. Di bagian tab ini terdapat sejumlah kontak dalam daftar WhatsApp pengguna. Sekedar diketahui, kontak yang berada daftar adalah yang sudah menggunakan versi terbaru dari WhatsApp ini. Karena, syarat utama untuk bisa melakukan panggilan adalah sama-sama berada di versi terakhir.

Kami melakukan dua pengujian. Pertama melakukan panggilan saat berada di jaringan internet WiFi dan jaringan berbasis seluler. Hasilnya, sama-sama dapat melakukan panggilan dengan sempurna. Ketika berada di jaringan WiFi, tentu saja konektivitas yang ditawarkan stabil. Tidak ada delay atau noise berarti, semuanya jernih seperti menelpon cara konvensional.

Pun begitu, ketika berada di jaringan seluler, panggilan telepon WhatsApp tak mengalami kendala berarti. Malahan terkadang bisa mendapatkan suara yang jernih walau sedikit delay, saat berada di posisi 2G. Agak sedikit menganggu adalah tidak adanya pilihan untuk memilih fitur calling ketika menekan foto akun yang dituju. Sehingga potensi salah pencet besar kemungkinan akan terjadi.

Secara keseluruhan, fitur WhatsApp ini sangat menarik. Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba. Fitur panggilan suara dari aplikasi pesan instan WhatsApp kini sudah bisa dinikmati oleh para pengguna perangkat bersistem operasi Android. Panggilan suara ini diklaim telah dinanti-nanti oleh banyak pengguna. Para pengguna cukup perbarui aplikasi WhatsApp masing-masing dengan versi paling baru dari Google Play Store.

Kolom untuk melakukan panggilan suara akan tersedia secara otomatis jika aplikasi WhatsApp sudah diperbarui. Jadi selain ada tab untuk Contacts dan Chats, tab untuk Calls secara otomatis akan muncul. Sama halnya seperti riwayat panggilan di ponsel, WhatsApp akan menampilkan riwayat kontak yang telah dihubungi oleh pengguna. Mengutip International Business Times, para pengguna hanya bisa menelepon kontak yang tersimpan di aplikasi tersebut.

Selain itu, WhatsApp versi baru ini menyajikan pilihan untuk menyimpan nomor baru di dalam aplikasinya sendiri. Salah satu pendiri WhatsApp, Brian Acton mengkonfirmasi bahwa fitur panggilan suara untuk para pengguna perangkat iOS segera diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan namun belum ada tanggal kepastiannya.

Sementara bagi perangkat bersistem operasi Windows masih belum diketahui apakah akan memperoleh fitur panggilan suara WhatsApp atau tidak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s