Daftar Smartphone Baru Pada Mobile World Congress

Mobile World Congress, pameran terbesar industri telepon seluler, hari ini mulai berlangsung di Barcelona, Spanyol. Seperti biasa, ajang ini digunakan oleh berbagai vendor global untuk memperkenalkan produk teranyar mereka yang bakal menjadi tren di tahun berjalan.

Berikut ini beberapa produk yang diperkirakan bakal menyedot perhatian banyak orang.

Samsung
Vendor ponsel terbesar asal Korea Selatan ini akan menggebrak MWC 2015 dengan duet terbarunya, Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Menurut rilis dari Samsung, layar Galaxy S6 seluas lima inci menggunakan teknologi QHD Super AMOLED. Adapun sebagai dapur pacunya dibenamkan prosesor Exynos 7420 octa-core dan 3GB RAM. Di bagian belakang, Samsung menyematkan kamera 16 megapiksel dengan dual LED flash. Sedangkan Galaxy S6 Edge mengusung layar lengkung. Dari foto-foto yang beredar di dunia maya, layar Galaxy S6 Edge melengkung pada sisi kiri dan kanan. Untuk urusan dapur pacu, tak ada perbedaan signifikan dengan Galaxy S6.

HTC
Samsung tentu tak sendiri yang akan memperkenalkan ponsel jagoannya di MWC 2015 ini. Vendor asal Taiwan HTC juga bakal memperlihatkan kepada publik ponsel terbaru mereka One M9. Ini adalah generasi penerus dari ponsel terbaik di 2014, One M8. HTC menyatakan semua kekurangan pada One M8 diperbaiki di One M9. Spesifikasi One M9 cukup dahsyat. Prosesor yang digunakan adalah Snapdragon 810 octa-core dengan 3GB RAM dan kamera utama 20,7 megapiksel. Kamera ini berbeda dari pendahulunya One M8 yang sedikit mengecewakan, yakni UltraPixel 4 megapiksel. Layar One M9 masih seluas lima inci dengan resolusi mencapai 1.080p.

Microsoft
Di MWC 2015 ini Microsoft akan meluncurkan baik perangkat keras maupun perangkat lunak. Perusahaan yang berbasis di Redmond, Amerika Serikat, ini akan memperkenalkan ponsel andalannya Lumia 635. Selain itu, juga ada Lumia 1330, yang merupakan kelanjutan dari Lumia 1320. Dengan kode produksi RM-1062, ponsel ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 400 SoC, 1GB RAM, dan layar seluas 5,7 inci dengan resolusi 720p. Salah satu keunggulan seri Lumia adalah kameranya yang mengusung teknologi PureView sebesar 14 megapiksel.

Sony
Meski harus melalui tahun terberatnya pada 2014, vendor asal Jepang ini masih percaya mampu bersaing di industri ponsel dan datang ke MWC 2015 dengan beberapa produk terbarunya. Sony akan meluncurkan Xperia M4 Aqua dan Xperia Z4 Tablet. Seperti terlihat pada namanya, Xperia M4 Aqua tahan air dengan sertifikat IP68. Yang menarik, ponsel ini hadir dengan sistem operasi Android terbaru, yakni Android 5.0 Lollipop. Selain itu, Sony juga membawa Xperia Z4 Tablet yang sangat tipis. Layar sepuluh incinya menggunakan teknologi 2K (2048 x 1080 piksel). Prosesornya adalah Snapdragon 810.

Huawei
Huawei datang dengan membawa dua produk terbarunya, yakni ponsel pintar dan wearable device. Untuk ponsel, perusahaan asal Cina ini akan memperkenalkan Huawei Ascend P8 yang ditenagai prosesor Kirin 930 buatan Huawei sendiri. Prosesor ini adalah yang pertama menggunakan teknologi 16 nm. Layarnya yang 15 inci menggunakan teknologi full high definition. Sebagai sumber tenaga, ponsel ini mengandalkan baterai berkekuatan 2.600 mAh. Adapun perangkat pakai yang akan diluncurkan sudah mengusung teknologi konektivitas 4G LTE dan disiapkan untuk bersaing dengan Samsung Gear S.

BlackBerry
Akhirnya BlackBerry akan tampil di ajang MWC 2015 ini. Tak banyak informasi tentang perangkat apa yang akan dibawa ke Barcelona. Tapi, menurut rumor yang beredar di jagat maya, perusahaan asal Kanada ini diperkirakan akan meluncurkan BlackBerry Z20, ponsel dengan teknologi di antara Z3 dan Z30. BlackBerry Z20 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 MSM8960 dengan kecepatan 1,5 GHz dual-core. RAM di dalamnya sebesar 2GB. Layar seluas lima inci mengusung teknologi layar sentuh dengan resolusi 720p. Kamera utamanya sebesar delapan megapiksel dan baterai berkekuatan 2.800 mAh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s