Raspberry Pi Generasi 2 Seharga Rp. 450 Ribu Bisa Jalankan Windows 8

Tiga tahun berlalu semenjak kemunculan Raspberry Pi, generasi kedua dari komputer mini itu telah diumumkan oleh pembuatnya, lembaga nirlaba Raspberry Pi Foundation. Informasi yang dikutip dari Cnet, Selasa (3/2/2015) menyebutkan bahwa komputer Raspberry Pi baru ini dihargai sama dengan pendahulunya, yakni di kisaran 35 dollar AS atau sekitar Rp 450.000.

Kendati demikian, jeroan perangkat bernama lengkap Raspberry Pi 2 Model B ini jauh lebih bertenaga, mencakup prosesor Broadcomm 900 MHz dengan CPU quad-core ARM Cortex-A7 dan RAM 1 GB.Raspberry Pi pun menyebut komputer mungil buatannya sanggup menjalankan sistem operasi Windows 10 serta telah bermitra dengan Microsoft untuk mewujudkan hal tersebut.

“Kami telah bekerja sama erat dengan Microsoft untuk membawa Windows 10 ke Raspberry Pi 2. Microsoft akan mengumumkan informasi tambahan selama beberapa bulan ke depan,” tulis Raspberry Pi dalam tulisan di sebuah blog.

Perlu ditambahkan bahwa Windows 10 untuk Raspberry Pi 2 akan berbeda dari versi umum untuk konsumen karena ditujukan untuk pengembangan aplikasi Internet of Things (IoT). “Ini adalah Windows 10 untuk aplikasi-aplikasi TI,” kata pendiri Raspberry Pi Eben Upton. Selain Windows 10 edisi khusus, Raspberry Pi 2 Model B juga bisa menjalankan sistem operasi Linux Ubuntu.

Komputer mini ini sudah dapat dibeli di Element14 dan peritel-peritel lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s