Cortex A72 Lebih Kencang dan Lebih Hemat Baterai

Produsen chipset asal Inggris, ARM mengumumkan desain prosesor barunya yang bisa mulai dipakai oleh gadget-gadget baru di tahun 2016. ARM mengumumkan desain chip CPU dan GPU baru yang diberi nama Cortex A72. Desain chip baru tersebut dibuat untuk menggantikan Cortex A15 dan Cortex A57 yang saat ini banyak dipakai oleh smartphone dan tablet kelas atas.

Sebelumnya, desain core prosesor buatan ARM dikenal dengan konfigurasi “Big.Little” dimana dua prosesor yang digunakan memiliki kecepatan performa yang berbeda untuk menangani beragam tugas. Prosesor yang kencang (Big) menangani tugas-tugas berat dan penting, sementara prosesor yang lebih kecil (Little) menangani tugas-tugas yang ringan yang tidak membutuhkan daya terlalu banyak.

Cortex A72 baru ini akan menjadi prosesor Big, atau yang menangani tugas-tugas berat. Kemungkinan ARM akan memasangkannya dengan Cortex A52 sebagai prosesor “Little”-nya. Menurut klaim ARM, seperti dikutip Gigaom, Selasa (3/2/2015), chip Cortex A72 memiliki performa 3,5 kali lebih kencang dibanding A15. Selain itu, A72 juga akan menggunakan daya 75 persen lebih sedikit dibanding A15 saat menangani beban yang sama.

A72 juga akan diintegrasikan dengan desain ARM lain, seperti GPU (prosesor grafis), kontroler display, dan kontroler video. “Untuk konsumen yang ingin paket lengkap, A72 akan menyatukannya semua dan dioptimalkan dengan baik,” ujar Ian Ferguson, Vice President Marketing ARM dalam sebuah pernyataan.

ARM membuat A72 dengan proses fabrikasi 16 nm dan merupakan chip 64-bit. Aplikasi 32-bit bisa berjalan di atasnya tanpa memerlukan modifikasi. Sementara, desain GPU baru ARM disebut dengan Mali-T880 dan menjanjikan performa dua kali lipat dari Mali-T760 yang sudah banyak dipakai saat ini.

Selain kemampuan dua kali lipat, Mali-T880 diklaim hanya menggunakan energi 40 persen lebih rendah saat menangani tugas yang sama. Walau chip ini sudah siap saat ini, namun ARM baru akan mengungkapnya ke publik pada April nanti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s