Corning Gorilla Glass Kembangkan Teknologi Kaca Safir

Kaca pelindung layar gadget yang menggunakan teknologi Gorilla Glass memang tahan pecah, tetapi masih bisa tergores seiring dengan lamanya masa pemakaian. Sebaliknya, kaca safir tahan goresan namun rentan retak ketika jatuh.

Bagaimana jika kelebihan dua jenis kaca pelapis itu bisa digabungkan? Itulah tujuan yang hendak dicapai Corning, si pabrikan Gorilla Glass, melalui materi baru yang sedang dikembangkan di bawah proyek bernama “Project Phire”.

“Kami membuat produk yang tahan banting seperti Gorilla Glass 4, juga memiliki ketahanan terhadap goresan yang mendekati kaca safir,” ujar presiden Corning, James Clappin, seperti dirangkum dari Mashable, Selasa (10/2/2015).

Masih belum jelas pabrikan gadget mana yang nantinya bakal memakai kaca pelindung baru dari Corning itu untuk melapis produk-produknya. Kaca jenis safir yang memiliki ketahanan tinggi terhadap kerusakan sempat dikabarkan bakal muncul pada duet iPhone 6 dan iPhone 6 Plus besutan Apple. Namun hal tersebut urung terwujud.

Penyebabnya, rekanan Apple yang ditunjuk untuk membuat komponen layar safir, GT Advanced Technology, gagal membuahkan volume yang memadai. GT Advanced masih bekerjasama dengan Apple dalam produksi kaca safir untuk Apple Watch, meski kabarnya hanya model-model tertentu dari jam pintar itu yang bakal dilapis safir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s