Cara Memeriksa Kesehatan Baterai Smartphone

Secanggih apapun smartphone yang dimiliki, tentu tak akan berguna jika baterainya bermasalah. Sayangnya, masalah baterai pada smartphone sangat sering terjadi seiring dengan waktu pemakaian. Kondisi tersebut tak dapat dihindari meski pengguna telah merawat baterainya dengan baik.

Berikut beberapa tips untuk mengidentifikasi kondisi baterai pada smartphone.
1. Lihat tampilan visual baterai.
Hal ini hanya dapat dilakukan pada baterai yang bisa dilepas dari smartphone. Setelah baterai dilepas, lihat apakah sekujur tubuh baterai membengkak dan terjadi korosi pada logam baterai. Korosi dapat dilihat dari warna logam yang menjadi keputih-putihan atau kehijau-hijauan. Jika terlihat ciri-ciri tersebut, segera ganti baterai. Jangan memasukkan kembali baterai ke badan smartphone karena dapat merusak elemen-elemen lain pada smartphone.

Tips ini tidak berlaku untuk smartphone-smartphone keluaran terbaru yang tidak memungkinkan baterainya dilepas-pasang.

2. Lakukan gerakan berputar pada baterai.
Baterai lithium akan mengalami penurunan daya setiap kali baterai kosong namun terlambat diisi ulang. Cuaca ekstrim juga dapat mempercepat kerusakan baterai. Untuk mengidentifikasi kerusakan tersebut, keluarkan baterai kemudian putar baterai pada bidang yang rata. Jika baterai dapat berputar dengan lancar, kondisi baterai tersebut dapat dikatakan buruk. Lagi-lagi, tips ini tidak berlaku untuk smartphone-smartphone keluaran terbaru yang tidak memungkinkan baterainya dilepas-pasang.

3. Amati seberapa cepat baterai habis.
Pada satu waktu, menjadi tidak normal jika baterai berkurang 1 hingga 2 persen saat tak digunakan. Jika hal ini terjadi, amati waktu yang dibutuhkan baterai dari penuh hingga kosong pada rentan waktu tertentu. Jika baterai menjadi kosong hanya dalam beberapa jam padahal jarang difungsikan, pengguna patut khawatir.

4. Menggunakan tools pendiagnosa baterai.
Untuk pengguna iPhone, dapat menggunakan aplikasi iBackupBot. Aplikasi ini tersedia untuk Windows dan Mac. Pengguna hanya perlu menghubungkan iPhone ke komputer yang telah di-install iBackupBot. Setelahnya, iBackupBot akan memberi informasi detail tentang perangkat pengguna.

Untuk mengetahui kondisi baterai, pengguna iPhone dapat memilih menu “More Information” pada tampilan utama iBackupBot. Perlu diketahui, baterai lithium biasanya kehilangan 20 persen kapasitasnya setelah 500 kali diisi ulang.

Bagi pengguna Android, pengguna hanya perlu menekan kode *#*#4636#*#*. Lalu, pengguna akan dapat melihat informasi detil terkait kondisi baterai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s