Apple Berpindah Hati dan Tinggalkan Intel

Sejak 2005, komputer Mac besutan Apple telah menggunakan prosesor bikinan Intel. Kini, muncul kabar bahwa pabrikan berlogo buah apel itu bakal beralih menggunakan prosesor berbasis teknologi ARM di desktop dan laptop bikinannya. Menanggapi informasi tersebut, CEO Intel Brian Krzanich mengaku tidak khawatir. Dalam sebuah wawancara dengan CNBC minggu lalu dia mengatakan bahwa Intel memiliki hubungan yang “kuat” dengan Apple.

“Apple akan selalu memilih pemasok (hardware) yang bisa memberikan kapabilitas tertinggi untuk membangun inovasi,” katanya sebagaimana dikutip ari The Inquirer, Selasa (20/1/2015). “Jadi, tiap kali bangun tidur, saya meyakinkan bahwa para pelanggan kami, baik Apple, Lenovo, Dell, atau yang lain bakal medapat pasokan komponen yang paling kompetitif,” lanjut Krzanich.

Meski demikian, Krzanich tidak menjelaskan apa persisnya yang menjadi keunggulan prosesor Intel dibanding ARM. Dia juga tidak menyuarakan bantahan soal kemungkinan Apple beralih menggunakan prosesor ARM. Apple sebelumnya pernah mengganti prosesor yang dipakai di komputer Macintosh dari IBM Power PC menjadi menggunakan chip Intel.

Analis KGI Securities Ming-Chi Kuo belakangan memprediksi bahwa hal serupa akan kembali berulang. Menurut dia, kali ini Apple akan beralih dari Intel ke ARM. Pernyataan Kuo ditanggapi serius oleh banyak pihak karena dia dikenal bisa memberikan perkiraan yang akurat mengenai langkah Apple. Selentingan bahwa Apple akan mengganti prosesor Mac sendiri sebenarnya bukan hal baru. Kabar serupa pernah beredar pada 2012 lalu, tetapi hingga kini belum terwujud.

Tahun 2005, Apple mengumumkan peralihan prosesor lini komputer Mac dari IBM Power PC ke chip desktop besutan Intel. Hampir sepuluh tahun setelahnya, pergantian itu mungkin akan kembali terjadi. Kabar terbaru yang dilansir oleh Cnet menyebutkan bahwa Apple sedang mengembangkan sejumlah lini komputer Mac berbasis prosesor ARM. Arsitektur ARM selama ini dipakai Apple pada chip gadget mobile buatannya, termasuk iPhone, iPad, dan iPod.

Model-model komputer mac yang dikabarkan bakal berganti prosesor ke ARM antara lain Mac Mini, iMac, dan lini laptop Macbook 13 inci. Komputer-komputet tersebut disinyalir akan menjalankan sistem operasi Mac OS versi lain yang dirancang agar bisa berjalan di atas arsitektur ARM. Selain itu, Apple juga disebutkan bakal melengkapi Mac berbasis ARM dengan keyboard baru yang memiliki area “Magic Trackpad” berukuran besar.

Ketika mengumumkan iPhone 5S September tahun lalu, Apple memang sempat mengklaim bahwa chip 64-bit A7 (berbasis ARM) yang tertanam di perangkat itu mengusung arsitektur yang “sekelas dengan prosesor desktop”. Situs AnandTech pernah menelusuri chip A7 beberapa waktu lalu dan menemukan bahwa klaim Apple tersebut ternyata ada benarnya.

Jika chip mobile berikutnya (A8) dari Apple dibekali 4 buah inti, maka boleh jadi prosesor tersebut akan memiliki “tenaga” yang memadai untuk menjalankan sebuah sistem Mac low-end, paling tidak secara teoritis. Tak diketahui apakah Apple benar-benar akan mengalihkan sebagian produk komputernya ke arsitektur ARM atau tidak. Yang jelas, kabar serupa sebenarnya sudah pernah mengemuka beberapa tahun lalu, pada 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s