Setelah 15 Tahun Microsoft Akhirnya Berhasil Memperbaiki Jasbug

Kadang diperlukan waktu lama untuk memperbaiki celah keamanan pada sebuah peranti lunak (software), bisa berbulan-bulan, bahkan mencapai hitungan belasan tahun seperti pada contoh kasus yang menimpa Microsoft berikut.

Raksasa software tersebut minggu ini merilis patch untuk menambal serangkaian celah keamanan di sistem operasi Windows. Salah satunya yang disebut “Jasbug” sudah ditemukan sejak Januari 2014, tetapi Microsoft butuh waktu setahun penuh untuk membuat perbaikan.

Menurut laporan The Next Web yang dirangkum Kamis (12/2/2015), lamanya waktu untuk mengatasi Jasbug disebabkan oleh sifatnya yang bukan sekadar masalah coding, melainkan cacat desain yang sudah berakar sejak 15 tahun lalu, pada tahun 2000.

Padahal, Jasbug termasuk berbahaya. Microsoft menerangkan bahwa celah keamanan yang mengeksploitasi kelemahan service Active Directory ini bisa digunakan oleh hacker untuk mengambil alih sistem Windows melalui teknik man-in-the-middle.

Informasi lebih detail mengenai Jasbug bisa diperoleh di buletin keamanan Microsoft.

Jasbug ditemukan di semua versi Windows mulai Windows Server 2003 hingga Windows 8.1. Patch untuk semua sistem operasi sudah bisa diunduh, kecuali Windows Server 2003 yang tak memperoleh update walaupun masih tercakup dalam masa dukungan hingga lima bulan ke depan.

Pengguna rumahan agaknya tak tepengaruh langsung oleh Jasbug karena Active Directory biasanya digunakan di lingkungan korporat, tetapi tak ada salahnya menambal celah keamanan ini, siapa tahu bisa mencegah sakit di kemudian hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s