Daftar Milyuner IT Yang Paling Derwaman Sumbangkan Triliun Hartanya

Industri teknologi informasi banyak mencetak pengusaha terkaya di dunia. Sebagai “balas budi”, para pemimpin perusahaan TI yang menjadi miliuner ikut berkontribusi bagi kemaslahatan orang banyak. Dilansir, Rabu (11/2/2015) dari Business Insider, tertera 12 pengusaha di industri teknologi yang masuk dalam daftar 50 orang paling dermawan di Amerika tahun 2014. Berikut daftarnya mulai dari peringkat 12. (Jangan cemas, tidak ada Steve Jobs dalam daftar dibawah ini)

12. Irwin Jacobs (menyumbang Rp 1,2 triliun)
Irwin Jacobs, pendiri Qualqomm
Pendiri perusahaan prosesor Qualcomm ini mendonasikan 101,6 juta dollar AS atau sekira Rp 1,2 triliun sepanjang 2014. Donasi itu disumbangkan ke yayasan sosial yang ia dirikan bersama sang istri. Jacobs juga mendonasikan sebagian hartanya untuk pengembangan teknologi. Pria berusia 81 tahun ini memiliki total kekayaan 1,8 miliar dollar AS atau setara Rp 22,8 triliun.

11. John Morgridge (menyumbang Rp 1,29 triliun)
John Morgridge, Direktur Cisco
Direktur Cisco ini memilih mendonasikan sebagian kecil kekayaannya untuk pendidikan. Dengan menyumbang 102 juta dollar AS atau setara Rp 1,29 triliun, Morgrige telah membantu pendidikan dasar hingga kuliah di beberapa institusi pendidikan di Wisconsin. Total kekayaan yang dimiliki pria 81 tahun ini dilansir mencapai 1,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 15,2 triliun.

10. Steve Ballmer (menyumbang Rp 1,39 triliun)
Steve Ballmer, pemilik LA Clippers
Pengusaha berusia 58 tahun ini adalah mantan CEO Microsoft yang saat ini merupakan pemilik tim bola basket NBA, LA Clippers. Dengan total kekayaan 21 milliar dollar AS atau sekitar Rp 267 triliun, pria ini menyumbang 110 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,39 triliun untuk pendidikan di Universitas Harvard dan Universitas Oregon.

9. Marc Benioff (menyumbang Rp 1,9 triliun)
Marc Benioff, pendiri Salesforce
Pendiri sekaligus CEO perusahaan Salesforce ini mendonasikan 154 juta dollar AS atau setara Rp 1,9 trilliun, untuk pendidikan dan kesehatan mental pada anak. Pria berusia 50 tahun ini memiliki kekayaan 3,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 40 triliun.

8. Larry Page (menyumbang Rp 2,2 triliun)
Larry Page, co-founder Google
Salah satu pendiri perusahaan mesin pencari Google ini memiliki total kekayaan 29,3 miliar dollar AS. Angka itu sekitar Rp 372 triliun. Dengan kekayaan itu, Page menyumbang 177,3 juta dollar AS atau setara Rp 2,2 triliun untuk Yayasan Carl Victor Page Memorial.

7. Pierre Omidyar (menyumbang Rp 2,29 triliun)
Pierre Omidyar, pendiri eBay
Pria 47 tahun yang mendirikan sekaligus memimpin eBay ini mendonasikan 180 juta dollar AS atau setara Rp 2,29 triliun dari harta kekayaannya. Donasi itu ditujukan untuk pembiayaan demokrasi, kemanusiaan, dan penelitian. Total kekayaannya dilansir 7,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 100 triliun.

6. Paul Allen (menyumbang Rp 3,7 triliun)
Paul Allen, co-founder Microsoft
Pengusaha ini turut mendirikan Microsoft bersama Bill Gates. Ia menyumbangkan 298 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,7 triliun, untuk yayasan sosial yang ia dirikan bersama keluarganya. Pria 62 tahun ini memiliki total kekayaan senilai 17 miliar dollar AS atau sekira Rp 216 triliun.

5. Sergey Brin (menyumbang Rp 4,8 triliun)
Sergey Brin, co-founcer Google
Pengusaha tampan yang turut mendirikan Google ini memiliki kekayaan senilai 28,8 miliar dollar As atau sekira Rp 366 triliun. Dengan kekayaan itu, ia menyumbang 382,8 juta dollar AS atau sekira Rp 4,8 triliun untuk yayasan Brin Wojcicki.

4. Nicholas Woodman (menyumbang Rp 6,3 triliun)
Nicholas Woodman, pendiri GoPro
Pengusaha 39 tahun ini sukses berinovasi di industri teknologi. Ia menelurkan kamera GoPro yang laku di pasaran karena dapat membidik gambar dari segala medan. Sebagai pendiri sekaligus CEO GoPro, Woodman menyumbang 500 juta dollar AS atau sekitar Rp 6,3 triliun untuk yayasan komunitas Silicon Valley. Total kekayaannya mencapai 2,4 miliar dollar AS atau setara Rp 30,5 triliun.

3. Sean Parker (menyumbang Rp 7 triliun)
Sean Parker, co-founder Napster
Pengusaha muda yang baru berusia 35 tahun ini adalah pendiri Napster yang pernah menjadi pimpinan Facebook. Ia mendonasikan 550 juta dollar AS atau sekitar Rp 7 triliun. Sejumlah uang itu ia salurkan ke yayasan sosialnya, Sean N. Parker Foundation. Total kekayaannya mencapai 2,9 miliar dollar AS atau setara Rp 36 triliun.

2. Jan Koum (menyumbang Rp 7 triliun)
Jan Koum, co-founder WhatsApp
Pengusaha yang turut mendirikan aplikasi instant messaging WhatsApp ini memiliki kekayaan total 7,1 miliar dollar AS atau setara Rp 90 triliun. Dengan kekayaan itu, pria 38 tahun ini mendonasikan 556 juta dollar AS atau setara Rp 7 triliun untuk yayasan komunitas Silicon Valley.

1. Bill Gates (menyumbang Rp 19 triliun)
Pendiri Microsoft, Bill Gates
Pendiri Microsoft yang merupakan orang terkaya di dunia ini memiliki harta senilai 78,7 miliar dollar AS atau setara Rp 1.000 triliun. Dengan kekayaan itu, Gates sekaligus menjadi pengusaha industri teknologi yang paling banyak menyumbang untuk masyarakat. Melalui yayasan sosialnya bersama sang istri, Melinda Gates, pria 59 tahun ini menyumbang 1,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 19 triliun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s