Twitter Kini Semakin Mirip Dengan Instagram

Berbagi informasi di Twitter kini tak lagi hanya berkutat dengan kata dan gambar. Update terbaru layanan ini pun memungkinkan pengguna mengirimkan video pendek. Fitur ini memang mirip dengan Instagram, namun kelebihan dari berbagi video di Twitter adalah durasinya yang lebih lama. Pengguna bisa merekam video hingga 30 detik.

Seperti yang dikutip dari Business Insider, Kamis (5/2/2015), kendati bisa merekam video, namun demikian Twitter tak bisa mengunggah video yang sudah tersedia di memori ponsel. Ini tentu saja menjadi pembeda bagi Vine, yang lebih fokus memberikan video ke khalayak. Bedanya lagi, waktu pembagi video di layanan milik Twitter tersebut hanya 6 detik.

Selain bisa merekam video, pengguna juga bisa sembari ‘chatting’ dengan sesama pengguna Twitter yang sudah saling mengikuti. Karena, berkirim pesan pribadi (direct message) bisa dikirim secara broadcast atau grup. Sebelumnya, Product Director Twitter Jinen Kamdar mengatakan, fungsi video di Twitter sebelumnya hanya tersedia bagi para pengiklan, akun Twitter public figure dan influencer. Mereka bisa meng-uploadvideo berdurasi 10 menit guna mendapatkan analisa dari follower.

“Cara itu sangat sukses. Kini kami menawarkannya untuk semua pengguna Twitter di mobile. Kami rasa ini adalah perubahan yang mendalam,” ujarnya. Ketika baru pertama kali punya akun Twitter, seseorang harus mem-follow puluhan bahkan mungkin ratusan orang yang sesuai minatnya. Dengan fitur yang satu ini, pengguna baru Twitter tak perlu lagi repot.

Twitter sedang menjajal sebuah fitur baru bernama ‘Instant Timelines’. Tak perlu mengecek satu per satu kategori yang diminati atau menyeleksi orang yang akan di-follow, Instant Timeline akan secara otomatis memindai kontak si pengguna. Seperti dilansir New York Times, Selasa (3/2/2015), Twitter selanjutnya akan menganalisa kontak tersebut dan siapa saja yang mereka follow di Twitter. Kemudian hasil dari kurasi akan ditampilkan dalam bentuk tweet-tweet yang diperkirakan relevan dengan selera si pengguna pada timeline.

Si pengguna tak perlu mengikuti akun-akun tersebut. Tujuannya memang untuk memudahkan pengguna baru Twitter agar mereka bisa langsung menjelajah Twitter. Upaya Twitter membuat fitur semacam ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan, CEO Twitter Dick Costolo pernah membuat pernyataan yang mengindikasikan ke arah sana sebelumnya.

“Kami yakin bahwa setiap orang akan datang ke Twitter dan akan langsung merasa dekat dengan dunia Twitter,” kata Costolo dalam sebuah event Analyst Day. Saat dirilis nanti, Instant Timeline akan menjadi senjata baru Twitter menggaet pengguna baru. Namun belum diketahui kapan Twitter akan merilis secara resmi fitur ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s