Review Samsung Galaxy J1 Android 64-bit

Samsung secara resmi memperkenalkan smartphone Android 64-bit low-end yang diberi nama Galaxy J1. Samsung Galaxy J1 menjadi keluarga baru lini J series yang diperkenalkan di awal tahun 2015 ini, setelah Samsung memperkenalkan keluarga A series pada akhir tahun lalu. Seri lain yang juga akan diperkenalkan Samsung tahun ini adalah keluarga E series.

Untuk Galaxy J1 sendiri, dikutip dari Phone Arena, Rabu (28/1/2015), smartphone low-end dengan ukuran layar 4,3 inci tersebut telah mengusung teknologi komputasi 64-bit yang didukung oleh prosesor quad-core Marvell PXA1908 1,2 GHz. Karena merupakan perangkat low-end, maka spesifikasi hardware yang disertakan Samsung tidak terlalu mencolok, seperti layar resolusi rendah 480 x 800 piksel, RAM 512 MB, penyimpanan internal 4 GB, dan baterai kapasitas 1850 mAh.

Kamera belakang dan depannya masing-masing memiliki sensor resolusi 5 dan 2 megapiksel. Kamera yang disertakan memiliki fitur Palm Selfie yang bisa mendeteksi telapak tangan untuk berfoto selfie. Dengan bobot 122 gram dan dimensi 129 x 68,2 x 8,9 mm, Galaxy J1 hadir dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat dan tersedia dalam varian warna biru, hitam, dan putih.

Smartphone tersebut saat ini sudah mulai ditampilkan di situs web Samsung Malaysia. Belum diketahui apakah smartphone 64-bit low-end ini juga akan dibawa ke Indonesia oleh Samsung atau tidak.Samsung tampaknya belum puas merilis ponsel pintar Android di tahun 2013 ini. Di penghujung tahun, perusahaan asal Korea Selatan ini kembali meluncurkan sebuah smartphone Android bernama Galaxy J.

Samsung Galaxy J sendiri sebenarnya adalah varian lain dari Galaxy S4. Bedanya dengan Galaxy S4 pertama, ponsel yang satu ini mendukung jaringan LTE-A. Casing dari Galaxy J pun tampak lebih mewah dibandingkan generasi awal. Apabila Samsung Galaxy S4 menggunakan casing plastik, Galaxy J hadir dengan casing berbahan metal.

Spesifikasi dari Galaxy J termasuk dalam ponsel kelas atas. Ia menggunakan layar Super MOLED dengan bentang 5 inci dan mendukung resolusi Full HD 1.080 x 1.920 piksel. Samsung Galaxy J juga dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 800 2,3 GHz buatan Qualcomm, RAM 3 GB, penyimpanan internal berkapasitas 32 GB, dan baterai 2.600 mAh.

Dari segi kamera, seperti dikutip dari Phone Arena, Selasa (10/12/2013), Galaxy J dilengkapi kamera 13 megapiksel di bagian belakang dan 1,9 megapiksel di bagian depan. Produk ini berjalan di sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean. Dengan penggunaan sistem operasi versi tersebut, tampaknya Galaxy J sudah mendukung penggunaan jam tangan pintar, yang juga merupakan besutan Samsung, Galaxy Gear.

Untuk sementara ini, Samsung Galaxy J baru tersedia di Taiwan dengan harga 21.900 dollar Taiwan atau sekitar Rp 8,9 juta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s