Cara Mendownload dan Install iOS 8 Yang Resmi

Sistem operasi mobile terbaru dari Apple, iOS 8 telah dirilis dalam versi beta. Sistem operasi tersebut saat ini menjalani masa uji kualitas dan jaminan tidak ada bug. Anda pun bisa mengunduh dan mencoba iOS 8 beta ini.Walau pengembangan dalam iOS 8 tidak sebanyak dalam iOS 7, namun masih banyak yang bisa digali dan dipelajari dalam sistem operasi ini, sebelum iPhone terbaru beredar pada akhir tahun ini.

Apple telah mengemas iOS 8 dengan beragam fitur dan 4 ribu antarmuka pemrograman aplikasi yang baru. Selain itu, terdapat juga fitur kesehatan dan kebugaran. Apple juga mengembangkan fitur iCloud dengan menambahkan lebih banyak funsi di dalamnya.Berikut adalah panduan dalam mengunduh dan mencoba iOS 8, sebagaimana diteerangkan dalam situs Readwrite (2/6/2014).

Sebelum mengunduh iOS 8 Beta
Sebelum memulai mengunduh iOS 8 Beta, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

Akun developer iOS. Akun ini bisa didapat dengan membayar 99 dollar AS per tahun dan bisa didapatkan melalui situs developer Apple.
Perangkat khusus yang akan digunakan dengan iOS 8 beta. Sebaiknya Anda tidak menggunakan perangkat pribadi untuk mencoba sistem operasi baru yang masih dalam tahap uji coba. Salah-salah, perangkat tidak bisa diakses atau malah mati total.
Perangkat yang mendukung iOS 8 beta. Anda tentunya juga membutuhkan perangkat yang mendukung iOS 8. Sistem operasi ini tidak akan tersedia untuk iPhone 4. Jadi pilihan Anda saat ini antara lain iPhone 5S , iPhone 5C, iPhone 5, iPhone 4S, iPad Air, iPad Mini (kedua generasi). iPad generasi ke-2,3, atau 4, serta iPod Touch generasi ke-5.
Identifier perangkat Anda. Anda membutuhkan identifier perangkat untuk mengetahui versi iOS 8 beta mana yang harus diunduh. Anda bisa mengetahui device identifier perangkat Anda melalui tautan berikut ini untuk iPhone, dan tautan ini untuk iPad.
UDID (Unique Device Identifier). UDID suatu perangkat terdiri atas 40 karakter angka dan huruf yang menjadi semacam nomor seri iDevice milik Anda. Anda harus mendaftarkan perangkat developer Anda dalam iOS Development Center dengan menggunakan UDID ini. Instalasi iOS 8 tidak akan selesai tanpa autentikasi perangkat dengan cara ini.
Backup perangkat dengan iTunes atau iCloud. Untuk berjaga-jaga jika perangkat crash, sebaiknya Anda menyimpancadangkan (backup) segala data dalam perangkat dengan iTunes agar bisa dikembalikan (recovery) dengan mudah. Semua dokumen dalam perangkat uji iOS 8 juga perlu di-backup ke iCloud baru, baik untuk iOS 8 beta atau Mac OS X Yosemite.
Sebelum mengunduh file .dmg dari iOS 8 Beta, ada berapa hal yang harus Anda perhatikan. Anda harus memiliki versi iTunes paling baru dan bisa digunakan.Selain itu, isi penuh baterai perangkat Anda. Jangan sampai di tengah-tengah proses mengunduh file, perangkat kehabisan baterai dan mati.

Download dan Instalasi
Dalam komputer Mac Anda, buka halaman web iOS Development Center dan unduh versi iOS 8 beta yang sesuai.
Buka file .dmg dan cari file .ipsw di dalamnya. File ini menjadi satu-satunya di dalam file .dmg.
Hubungkan perangkat Anda dengan komputer Mac untuk menjalankan iTunes.
Klik tombol iPhone dalam iTunes untuk menampilkan status perangkat Anda. Backup iPhone dalam iTunes jika Anda belum melakukannya sebelumnya.
Tekan tombol Option (klik kanan) untuk mengupdate sistem operasi melalui iTunes. Lebih baik memilih opsi “Update” dalam iTunes alih-alih “Restore.” Jendela baru akan muncul yang meminta Anda memilih file .ipsw dari iOS 8 beta, lalu jalankan proses unduhan.
Begitulah cara mengunduh iOS 8 beta. Anda kana menjumpai bahwa versi OS beta ini akan sedikit lambat kinerjanya. Selain itu, baterai juga akan cepat terkuras habis dibanding seperti biasanya, terutama dalam perangkat lama.

Jika Anda bukan seorang developer yang terdaftar dalam situs Apple namun masih ingin mencoba iOS 8 beta, banyak website-website lain di Internet yang menawarkan akses ke sistem operasi ini. Situs tersebut biasanya membutuhkan UDUD perangkat Anda dan menggunakannya untuk mendapatkan akses ke software beta.

Namun, berbagi UDID iPhone Anda dengan website lain sangat tidak disarankan. Anda juga tidak akan mendapatkan akses penuh ke dalam iOS Development Center yang memungkinkan Anda untuk meng-install update iOS 8 beta yang kemungkinan lebih sedikit memiliki bug.

Dan yang perlu diingat, begitu Apple merilis versi baru dari beta ini, maka versi lamanya tidak akan dilanjutkan. Anda memiliki risiko terkunci dengan sistem operasi lama jika tidak mengupdate-nya.

Jadi, pahami dulu risikonya menggunakan sistem operasi Beta sebelum mencobanya. Bagi pengguna kebanyakan, tentu lebih baik sabar menunggu versi resmi iOS 8 daripada sekadar menjadi “yang pertama” mencoba iOS 8 kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s