Situs Lazada Indonesia Akhirnya Bisa Di Tembus Hacker

Situs belanja online, Lazada Indonesia, dilaporkan diretas oleh kelompok hacker atau peretas yang menamakan dirinya “Gantengers Crew” pada Senin (12/1/2015). Pantauan pada Selasa pagi, tautan yang menuju halaman promo Lazada dengan URL h promo lazada co id/gc php menampilkan halaman hitam dengan tulisan “Gantengers Crew pwnz u”.

Sejauh ini, peretas terpantau hanya men-deface atau menggantikan tampilan sebuah halaman dalam di situs Lazada, bukan halaman utamanya. Peretas juga meninggalkan pesan, “Tidak ada unsur menjatuhkan, politic, dll
cuman ngetest doang kok, no backdoor just nitip file Peace…. Lazada Got pwnz ??? lolz”

Identitas para peretas pun ditulis di bawahnya. Mereka menggunakan nama-nama seperti SultanHaikal, d3b~X, Index Php, Coup De Grace, Brian Kamikaze, dan Mdn_Newbie. Situs Lazada Indonesia juga dimasukkan ke dalam daftar situs yang berhasil diretas oleh Gantengers Crew. Daftar tersebut mereka publikasikan di URL www zone-h org/archive/notifier=GantengersCrew/published=0

Pihak Lazada Indonesia, saat dihubungi melalui sambungan telepon, mengatakan sedang menyelidiki insiden peretasan ini. “Iya, saya sudah dengar dari tadi pagi, sedang kami selidiki benar atau tidak,” ujar sumber dalam Lazada Indonesia. Lazada Indonesia mengatakan sedang menginvestigasi aksi peretasan yang dilakukan oleh Gantengers Crew terhadap situs belanja online mereka, dan memastikan bahwa data konsumen tetap aman.

Saat dihubungi, Selasa (13/1/2015) pagi, pihak Lazada Indonesia secara tidak langsung mengakui terjadinya aksi peretasan tersebut dan saat ini sedang melakukan investigasi. “Iya, saat ini kami sedang meginvestigasi, benar atau tidak (adanya aksi peretasan),” ujar Tania Amalia, Public Relation Manager Lazada Indonesia.

Tania menambahkan, saat ini data konsumen adalah yang utama untuk diselamatkan. “Data konsumen menjadi prioritas kami saat ini, data-data itu tidak semudah itu bisa diambil (dari server Lazada),” demikian imbuh Tania. Seperti diberitakan sebelumnya, kelompok peretas yang menamakan dirinya Gantengers Crew diduga telah membobol sistem keamanan situs belanja online, Lazada Indonesia.

Identitas para peretas pun ditulis di bawahnya, mereka menggunakan nama SultanHaikal, d3b~X, Index Php, Coup De Grace, Brian Kamikaze, dan Mdn_Newbie. Meski pelaku berhasil menyusupkan sebuah halaman ke situs Lazada, belum tentu data konsumen sudah terekspos. Bisa jadi situs tersebut memiliki sistem atau pengamanan yang berbeda untuk data konsumen (back end) dan tampilan situs (front end).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s