Cara Memilih Smartphone Yang Baik

Menyambut lembaran baru di awal tahun, wajar-wajar saja jika kita ingin punya sesuatu yang baru. Ponsel baru misalnya. Apalagi bagi yang mendapat bonus akhir tahun dari kantor. Inilah saat yang tepat. Tapi jangan buru-buru. Sebelum membeli, ada baiknya baca dulu tips berikut ini.

Cari smartphone yang mendukung teknologi terkini
Perkembangan teknologi smartphone begitu cepat. Dalam satu tahun, bahkan hitungan bulan ada saja teknologi baru yang dikenalkan oleh produsen smartphone. Kita harus pintar-pintar memilih. Jangan sampai uang yang sudah digelontorkan terasa sia-sia karena dalam hitungan bulan teknologi smartphone baru kita keburu ‘basi’. Lagipula, menjadi early adapter itu lebih banyak manfaatnya.

Pertimbangkan teknologi 4G yang sebentar lagi booming di Indonesia
Indonesia mulai mengejar ketertinggalannya dibandingkan negara tetangga seperti Korea Selatan atau Jepang yang sudah lebih dulu mengadopsi teknologi 4G. Operator telekomunikasi besar Indonesia seperti Telkomsel, XL dan Indosat mengklaim sudah siap mengaktifkan teknologi 4G di tahun 2015. Jadi rasanya sangat masuk akal jika di tahun baru ini kita memilih smartphone yang siap mendukung layanan 4G. Beberapa produsen smartphone pun sudah bersiap meluncurkan seri 4G-nya pada awal tahun 2015.

Banyak orang yang lupa memperhatikan detail spesifikasi ketika membeli sebuah smartphone. Belakangan barulah mereka mengeluhkan smartphone-nya itu lemot atau sering hang. Ini dikarenakan smartphone tersebut biasanya memiliki kapasitas memori terbatas.

Padahal sebuah smartphone butuh memori yang cukup besar agar seluruh aplikasi dapat berjalan dengan lancar. Apalagi umumnya aplikasi sekarang boros memori. Sebut saja Path, Firefox, Facebook, YouTube, Gmail dan Yahoo! Mail.

Padahal aplikasi-aplikasi tersebut termasuk yang paling penting dan sering digunakan orang-orang jaman sekarang. Jika satu smartphone hanya bisa di-install beberapa aplikasi, tentu fungsinya jadi tidak maksimal.

Perlu dipahami bahwa di dalam smartphone ada dua jenis memori berbeda. Fungsinya pun berbeda. Pertama, ROM alias memori untuk menyimpan OS, aplikasi dan data. Sebaiknya sebuah smartphone memiliki memori internal di atas 4GB dan slot micro SD eksternal agar bisa ditambah.

Kedua, RAM alias memori untuk menjalankan aplikasi. Semakin besar RAM yang ada di smartphone maka semakin cepat aplikasi dijalankan. RAM besar juga mendukung aktivitas multimedia berat seperti memutar video HD, main game 3D dan sebagainya. Sebaiknya RAM smartphone berukuran di atas 512MB.

Smartphone yang punya memori penyimpanan dan RAM berkapasitas cukup besar tentunya akan lebih siap menyambut kehadiran layanan jaringan 4G LTE di Indonesia. Dengan spesifikasi smartphone yang mumpuni dan kecepatan akses data super cepat, melakukan apa pun jadi lebih mudah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s