80 Persen Pengguna di Indonesia Pakai Smartphone Murah

Bob Bao, Managing Director Baidu Indonesia, memaparkan hasil riset Baidu terhadap pengguna mobile internet di Indonesia. Salah satu temuan Baidu adalah masih banyaknya pengguna mobile internet di Indonesia yang menggunakan smartphone dengan kisaran harga di bawah Rp 3 juta. “Jika dirata-rata, harga perangkat smartphone yang digunakan ada di angka Rp 2,148 juta,” tutur Bob Bao dalam gelaran Startup Asia Jakarta 2014, Rabu (26/11/2014).

Namun, lanjutnya, riset itu menunjukkan 87,3 persen pengguna ingin mengganti smartphone-nya dengan ponsel Android yang lebih baik. Anggarannya? Rata-rata di Rp 2,907 juta.Hal lain yang menurutnya cukup mengejutkan adalah bahwa pengguna internet lewat mobile justru banyak di rumah dengan angka 95 persen. Bandingkan dengan kantor (36 persen) atau perjalanan (27 persen).

“Sebelumnya, kami kira akses terbanyak dilakukan saat di perjalanan,” tutur Bao. Temuan lain yang menurutnya menarik adalah bahwa 40 persen pengguna hanya memakai 1-2 aplikasi. “Kita sebagai startup, harusnya bisa mencari apa sebenarnya yang menarik bagi orang Indonesia. Data ini menunjukkan banyak developer belum cocok aplikasinya dengan pengguna,” ia menjelaskan.

Lima jenis aplikasi yang sering digunakan, tutur Bao, adalah jejaring sosial (81 persen), browser (65 persen), game (35 persen), musik (32 persen) dan berita (17 persen).

Bao mengatakan startup harus banyak belajar soal perilaku konsumen di Indonesia. Selain itu, perlu juga membangun ekosistemnya.

Ia yakin, dengan populasi penduduk yang besar, Indonesia memiliki potensi besar sebagai pasar pengguna internet di masa depan. Industri digital pun diharapkannya bisa terus tumbuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s