Cara Mematikan Fitur Read Pada WhatsApp

Aplikasi pesan instan WhatsApp pada minggu lalu memperkenalkan fitur “Read Receipt” bagi penggunanya. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mengetahui pesan yang dikirimnya sudah dibaca atau belum.

WhatsApp akan memberikan tanda centang biru ganda untuk pesan pengirim yang sudah dibaca penerima. Fitur yang sebenarnya berguna itu ternyata tak sepenuhnya direspons positif oleh pengguna WhatsApp. Cukup banyak pengguna menyayangkan kehadiran fitur yang sudah sejak lama dimiliki BlackBerry Messenger di WhatsApp.

Karena itu, WhatsApp secara diam-diam mengeluarkan pembaruan dengan memberikan pilihan untuk menonaktifkan fitur notifikasi keterbacaan pesan itu. Namun, WhatsApp belum menyebarkan update tersebut ke toko aplikasi di berbagai platform, seperti Android, iOS, maupun Windows Phone.

Menurut pantauan, Sabtu (15/11/2014), layanan pesan instan milik Facebook itu baru memberikan file pembaruan untuk perangkat Android, itu pun harus melalui situs resmi WhatsApp. Pengguna Android bisa membuka web resmi WhatsApp di URL http://www.whatsapp.com/download atau mengunduh versi WhatsApp 2.11.444 tersebut langsung dari tautan ini. Versi tersebut memiliki pilihan untuk menonaktifkan fitur “Read Receipt” yang ditandai dengan tanda centang berwarna biru.

Caranya dengan mengakses menu “Settings > Account > Privacy” kemudian hilangkan tandan centang di opsi ‘Read receipts’ melalui perangkatnya masing-masing. Update ini akan disebar WhatsApp secara resmi ke Play Store, Apple App Store, dan toko aplikasi platform lainnya dalam beberapa hari ke depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s