Xiaomi Redmi 1S Kini Bisa Di Beli Secara Retail Di Toko Offline

Sebuah produk yang dijual secara online pada umumnya memiliki harga yang berbeda dengan produk yang dijual offline atau di toko retail. Begitu juga dengan telepon pintar secara Xiaomi Redmi 1S. Misalnya saja di gerai milik PT Erajaya Group, Erafone. Harga yang dibanderol adalah Rp 1,549 juta. Sedangkan di situs Lazada, harga Xiaomi Redmi 1S hanya Rp 1,499 juta.

“Penjualan offline memang lebih mahal, karena harus membayar sewa tempat dan biaya operasional,” ujar Chief Executive Officer Retail Erajaya Group, Jeremy Sim, di Jakarta, Jumat, 14 November 2014.Namun demikian, Jeremy dia tidak khawatir dengan prospek penjualan Redmi 1S di Tanah Air. Alasannya, produk tersebut menghadirkan beragam inovasi dengan harga yang tetap terjangkau.

Erajaya sebelumnya sudah menjadi mitra resmi Xiaomi dan memasarkannya lewat situs Lazada. Sejak diperkenalkan dua bulan lalu, Redmi 1S diklaim laris manis dengan total penjualan 850 ribu unit. Jeremy menyebutkan rencana menghadirkan varian lain produk Xiaomi ke toko retail. Untuk menghadirkannya, kata dia, Erajaya masih melihat respons masyarakat terhadap Redmi 1S. “Kami juga tertarik memasarkan televisi, set top box, dan router-nya,” kata Jeremy.

Xiaomi yang dikenal sebagai Apple dari Cina, sudah resmi bersaing ke pasar retail. Perusahaan sebelumnya melakukan strategi tersebut di Malaysia, Singapura, dan Filipina Adapun di Indonesia, selain bermitra dengan Erajaya, Xiaomi menggandeng distributor PT Trikomsel. Baik Erajaya maupun Trikomsel mulai menjual Redmi 1S di gerainya mulai Jumat, 14 November 2014

Produsen teknologi asal Negeri Tirai Bambu, Xiaomi, menyatakan penjualan lewat toko retail merupakan strategi baru dalam memperluas pasar. Selama ini Xiaomi bertahan dengan pemasaran lewat situs Internet. “Kami ingin membuktikan kalau Xiaomi memiliki distribusi yang baik,” ujar General Manager Xiaomi Asia Tenggara, Steve Vickers, di Jakarta, Jumat, 14 November 2014.

Dia melanjutkan, cara ini juga bertujuan untuk memudahkan konsumen yang tidak memiliki akses Internet. Vickers pun yakin, toko retail mampu menjangkau wilayah pelosok, khususnya di Indonesia. Perusahaan yang disebut sebagai Apple dari Cina ini, memasarkan telepon pintar andalannya, Redmi 1S di Indonesia lewat toko retail mulai hari ini.

Xiaomi sebelumnya sudah memasarkan produk lewat toko retail di Malaysia, Singapura, Filipina, dan negara-negara Eropa. Dalam menjual produknya, perusahaan bekerja sama dengan operator seluler. Adapun di Indonesia, Xiaomi bermitra dengan distributor, yakni PT Erajaya Group dan PT Trikomsel. Erajaya menghadirkannya di gerai Erafone, sedangkan Trikomsel menjualnya di gerai OkeShop dan Global Teleshop.

Seperti di negara asalnya, Xiaomi menjual aksesorinya secara terpisah. Aksesori yang antara lain terdiri dari earphone, dalam beberapa pekan mendatang dapat dijumpai di Indonesia. “Barangnya sudah sampai, tinggal didistribusikan,” kata Chief Executive Officer Retail Erajaya Group, Jeremy Sim, di tempat yang sama.

PT Erajaya Group resmi memasarkan telepon cerdas asal Cina, Xiaomi Redmi 1S. Ponsel ini bakal tersedia di gerai Erafone yang ada di mulai Jumat, 14 November 2014. Untuk mengawali penjualannya, ponsel tersedia di gerai Erafone Megastore Mal Taman Anggrek dan AndroidNation di Mal Grand Indonesia, Jakarta.

Erajaya berperan sebagai importir, sedangkan PT Teletama Artha Mandiri (TAM) yang merupakan anak perusahaan Erajaya, sebagai distributor. Selanjutnya, produk dipasarkan di gerai Erafone. “Alasan kami menjual Xiaomi secara offline karena ini adalah produk yang inovatif, namun harganya terjangkau,” ujar Chief Executive Officer Retail Erajaya Group, Jeremy Sim, di Jakarta, Jumat, 14 November 2014. (Baca: Xiaomi Jadi Produsen Smartphone Terbesar Ketiga)

Dia melanjutkan, dalam menjual Redmi 1S, Erajaya bukan hanya ingin menjual produk. Perusahaan pun memastikan kualitas barang lewat garansi resmi TAM. Nantinya, jika terjadi kerusakan pada barang, konsumen dapat memperbaiki di pusat servis resmi. Jeremy mengatakan, hingga Sabtu-Ahad mendatang, Redmi 1S siap dipasarkan di 30 gerai Erafone di Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi, serta kota-kota besar di seluruh Indonesia. “Untuk kota-kota lainnya harapannya dalam waktu dekat,” katanya. Dia menambahkan, tahun depan produk ini diharapkan sudah tersedia di seluruh 507 gerai Erafone di Tanah Air.

Kehadiran Redmi 1S di toko retail sekaligus mengakhiri penjualannya di toko online Lazada. Selanjutnya, pembelian secara online dapat dilakukan lewat situs Erafone. Harga yang dibanderol di toko retail, yakni Rp 1,549 juta, sedikit lebih mahal dibandingkan di situs Lazada (Rp 1,499 juta). Perbedaan harga disebabkan kebutuhan sewa tempat dan operasional. Xiaomi menggandeng operator seluler Indosat dalam memasarkan Redmi 1S.

Penjualan lewat retail diklaim tidak bakal mengganggu strategi utama Xiaomi yang selama ini mengunggulkan pemasaran di dunia maya. Bisnis lewat retail kini menjadi strategi baru perusahaan. “Kami ingin membuktikan kalau Xiaomi memiliki distribusi yang baik,” ujar General Manager Xiaomi Asia Tenggara, Steve Vickers, di tempat yang sama.

Dia melanjutkan, hal tersebut untuk memfasilitasi masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap Internet. Dia mengatakan penjualan produk lewat retail juga dilakukan di Malaysia, Singapura, Filipina, dan negara-negara Eropa. Bedanya, di luar negeri, penjualan dilakukan lewat kemitraan dengan operator seluler.

Redmi 1S memiliki ukuran layar 4,7 inci yang dibekali oleh teknologi in-plane switching (IPS). Prosesornya dibekali oleh quad-core 1,6 gigahertz dengan RAM 1 gigabita. Ponsel ini mengunggulkan koneksi yang ditunjang oleh dobel kartu SIM.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s