Review dan Spesifikasi Kamera Saku Samsung NX Mini

Kamera saku yang benar-benar mungil biasanya harus berkompromi di sektor kualitas gambar. Dengan NX Mini, Samsung berambisi untuk menghadirkan kamera mungil yang memiliki hasil foto menawan. Berhasilkah Samsung? Dengan ketebalan bodi (tanpa lensa) yang hanya 23mm, NX Mini memang sesuai dengan namanya. Meskipun tipis, NX Mini cukup nyaman dipegang. Untuk menjaganya agar lebih stabil, kami menganjurkan Anda menggunakan wrist strap.
samsung nx mini belakang

Di bagian belakang, Anda akan menemukan layar sentuh putar 3 inci dengan resolusi 460K yang cukup standar untuk ukuran kamera modern. Tombol-tombol fungsinya berukuran cukup mungil tapi cukup akurat saat ditekan.
Mengandalkan layar sentuh

Untuk mengatur berbagai fungsi, Anda tetap harus menggunakan menu di layar sentuhnya. Untungnya berbagai elemen menu di NX Mini berukuran cukup besar sehingga amat jelas saat dioperasikan. Namun ini berarti Anda harus melihat ke layar saat harus mengubah beberapa fungsi yang tidak dapat diatur oleh tombol fisiknya.

Menggunakan NX Mini untuk memotret ternyata amat menyenangkan. Anda tinggal menyelipkannya di saku celana atau jaket dan langsung mengeluarkannya untuk memotret. NX Mini dapat menyala dengan cukup cepat, apalagi dengan lensa fix 9mm yang ada di unit tes kami. Fokus dapat ditemukan dengan cepat saat kondisi cahaya ideal. Sayangnya saat digunakan dalam kondisi minim cahaya, ada beberapa kasus kamera sulit menemukan fokus.

Hasil foto melebihi ukurannya. Dengan ukuran sensor 1″ yang lebih besar dari kamera saku biasa, hasil foto NX Mini tergolong amat baik. Saturasi dan kontras warna yang dihasilkan cukup cemerlang dan menawan. Ketajaman lensa 9mm bawaannya juga cukup baik. Kualitas gambar pada setting ISO tinggi cukup baik, setidaknya hingga ISO 1600. Di atas itu, noise akan terlihat jelas di foto apalagi dalam pencahayaan kurang ideal.

Yang perlu diperhatikan, mengingat ukuran fisiknya yang mungil, sedikit guncangan sering membuatnya menghasilkan foto yang tidak tajam dan kabur. Masalah ini dapat diatasi dengan mudah menggunakan mode continuous shot.
Berikut hasil foto Samsung NX Mini tanpa proses penyuntingan.

Cocok untuk selfie. Salah satu fitur andalan NX Mini adalah Selfie Mode. Cara memakainya amat mudah. Cukup putar layarnya sehingga menghadap ke subyek. Tekan tombol shutter dan kamera akan langsung memotret dalam mode timer. Jadi tidak perlu repot mengatur atau berganti mode pemotretan untuk mengambil foto diri. Sayangnya, jika tangan yang memegang kamera kurang stabil, maka hasil foto selfie akan kabur.

Fitur menarik lainnya adalah adanya konektivitas Wi-Fi dan NFC. Saat dicoba, memindahkan foto dari kamera ke tablet atau smartphone Android bisa dilakukan dengan cepat dan mudah menggunakan aplikasinya. Baterai tahan lama Daya tahan baterai juga menjadi andalan Samsung NX Mini. Walaupun ukuran fisiknya kecil, kamera ini mampu memotret hingga 600 foto sebelum harus diisi ulang. Ini jauh di atas rata-rata kamera saku yang hanya dapat bertahan setelah sekitar 200 foto saja.

Satu hal yang perlu diperhatikan, NX Mini menggunakan mount lensa yang baru. Ini berarti ketersediaan lensanya masih amat terbatas. Anda dapat menggunakan lensa untuk mount NX, tapi dengan bantuan adapter yang dijual terpisah. Konsep NX Mini sendiri amat menarik. Paduan ukuran ringkas dan foto berkualitas merupakan resep ampuh untuk menarik peminat fotografi, terutama selfie.

Kesimpulan
Harganya yang berkisar di Rp5,5 juta, termasuk kompetitif di kelasnya untuk sebuah kamera mirrorless. Bagi yang gemar selfie atau sekedar membutuhkan kamera mungil dengan hasil oke, Samsung NX Mini layak dipertimbangkan.

+ Hasil foto amat baik untuk kelas harganya
+ Daya tahan baterai amat panjang
+ Konektivitas ke perangkat lain mudah
+ Responsif dan nyaris tanpa lag
+ Harga kompetitif
+ Desain menarik dengan warna segar
+ Layar putar amat berguna
+ Selfie Mode memudahkan untuk selfie

Yang kurang:
– Tombol kecil
– Pilihan lensa terbatas
– Ukuran kecilnya membuatnya mudah goyang
– Kualitas tampilan biasa saja

Spesifikasi Samsung NX Mini
Sensor BSI-CMOS 1 inci 21 megapixel
Layar LCD TFT 3 inci, dapat diputar hingga 180 derajat (460.800 pixel)
Mount Samsung NX-M (2,7x focal length multiplier)
Video Full HD 1080p MPEG-4, H.264
ISO: “160-12800 (dapat diperluas antara 100-25600)”
Scene mode Beauty Face, Best Face, Landscape, Macro, Action Freeze, Rich Tone, Panorama, Waterfall, Silhouette, Sunset, Night, Firework, Light Trace, Continuous Shot, Kids Shot, Food, Parties dan Indoors
Autofocus Contrast Detect (sensor), Multi-area, Center, Selective single-point, Single, Continuous, Touch. Face Detection, Live View
Titik Fokus 21 titik
Memori microSD/microSDHC/microSDXC
Koneksi 802.11b/g/n, NFC, USB 2.0, HDMI
Bobot 196 gram (termasuk baterai)
Dimensi 110 x 62 x 23 mm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s