Setelah iCloud dan Bank, Giliran Home Depot yang Diserang Hacker

Perusahaan ritel Home Depot diduga menjadi aksi serangan para hacker alias peretas. Beberapa bank menemukan bukti bahwa toko-toko Home Depot di AS menjadi sumber pencurian data kartu kredit dan kartu debit dalam jumlah besar. Home Depot pun tengah menyelidiki kemungkinan bocornya data pelanggan mereka.

“Saya bisa mengkonfirmasi bahwa kami tengah mencari beberapa aktivitas tidak biasa dan kami tengah bekerja dengan rekan perbankan serta penegak hukum untuk menginvestigasi,” ujar juru bicara Home Depot, Paula Drake, Selasa (2/9/2014) waktu setempat. Perusahaan ritel Home Depot melaporkan pada Selasa (2/9/2014) waktu setempat, pihaknya tengah menyelidiki kemungkinan bocornya data pelanggan.

Meski Drake mengungkapkan bahwa perusahaannya menanggapi isu ini dengan sangat serius, dia enggan berkomentar lebih jauh. Dia hanya berjanji, jika benar ada pembobolan atau pencurian data, maka konsumen akan segera diinformasikan.

Perkembangan terakhir mengungkapkan, aksi tersebut kemungkinan besar sudah dimulai sejak akhir April atau awal Mei 2014 lalu. Dengan kata lain, jumlah data konsumen bisa jauh lebih besar ketimbang kasus serupa yang menimpa Target, yaitu 40 juta kartu kredit dan debit selama tiga minggu.

Selain itu, ada pula kemungkinan bahwa peretas dari Rusia dan Ukraina yang berhasil membobol Target merupakan pelaku di balik aksi ini. Home Depot, memiliki lebih dari 2.200 gerai yang umumnya berada di Amerika Serikat. Home Depot, yang berpusat di Atlanta, juga memiliki perwakilan di Kanada dan Mexico. Sebelumnya aksi para peretas ini juga menyerang bank-bank besar di AS dan platform penyimpanan berbasis cloud milik Apple, iCloud.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s