Info Kekeringan Kini Dapat Diakses Melalui Android Di Google Play

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meluncurkan produk informasi kekeringan yang bisa diakses melalui sistem android. “Ini perlu disosialisasikan sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi di manapun mereka berada,” kata Kepala BMKG, Andi Eka Sakya, di Jakarta, Senin.

Andi mengatakan program informasi tersebut dapat diunduh di “play store” android baik melalui komputer tablet maupun “smartphone”. BMKG telah melakukan pengamatan meteorologi sejak lama dan menghasilkan beberapa program informasi yang dapat diakses publik.

Peluncuran tersebut dilakukan pada penutupan acara peringatan Hari Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG) ke-67. Penetapan hari jadi MKG didasarkan pada sejarah perkembangan kelembagaan meteorologi, klimatologi dan geofisika sejak 1866 hingga 2012.

Selama kurun waktu tersebut terdapat empat era MKG yaitu era pemerintahan Hindia Belanda 1866 sampai era kemerdekaan 1945. Era setelah kemerdekaan (1945) sampai 1980, era antara 1980 sampai 2003 dan era 2003 sampai dengan 2012.

Pada era 1947 tepatnya 21 Juli terdapat peristiwa penting yaitu pengambilalihan dan penggantian nama jawatan meteorologi dan geofisika oleh pemerintah Belanda dengan nama Meteologisch En Geofisiche Dients di bawah Departemen Verkeer En Water Staat.

Saat itu terdapat Djawatan Meteorologi dan Geofisika yang dipertahankan Pemerintahan RI yang digunakan sebagai dasar hasil MKG nasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s