Review Android Wear Jam Tangan Google

Jika Anda adalah seorang yang setia menggunakan layanan Google Now, mungkin Anda akan menyukai sistem operasi Android Wear pada jam tangan pintar. Bayangkan fitur-fitur Google Now itu kini berada di pergelangan tangan Anda. Sistem operasi ini khusus dirancang untuk perangkat yang bisa dipakai di tubuh manusia (wearable device). Ia diperkenalkan dalam konferensi pengembang aplikasi Google I/O 2014 yang digelar di San Francisco, California, Amerika Serikat, pada akhir Juni 2014.

Saat ini sudah ada dua jam tangan pintar yang memakai Android Wear, yaitu Samsung Gear Live dan LG G Watch. Pada kesempatan menjajal kedua perangkat itu dari rekan-rekan di Kibar, yaitu Yansen Kamto, Putri Izzati, dan Benny Fajarai dari Kreavi.com, yang awal Juli lalu kembali ke Indonesia setelah menghadiri konferensi Google I/O 2014.

Jam tangan Android Wear bukan lah perangkat mandiri. Fungsi-fungsi canggihnya baru berjalan setelah dihubungkan dengan ponsel pintar yang menjalankan sistem operasi Android versi 4.3 ke atas melalui koneksi Bluetooth. Pada kesempatan ini, menghubungkan Android Wear dengan ponsel LG Nexus 5 dan Motorola Moto G.

Langkah pertama, unduh aplikasi Android Wear di ponsel. Anda terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi Android Wear untuk ponsel pintar di toko Google Play Store. Aplikasi inilah yang akan menjadi pusat pengaturan dan sinkronisasi antara jam tangan pintar dengan ponsel pintar.

Jika sudah terkoneksi dengan ponsel pintar, maka jam tangan Android Wear dapat melakukan tugas-tugasnya. Perlu diketahui, jika Anda melakukan pencarian informasi di internet dengan perintah suara di Android Wear, koneksi internet tersebut ditarik dari ponsel pintar.

Aplikasi Android Wear untuk ponsel Android
Google telah merayu sejumlah pengembang untuk membuat aplikasi yang kompatibel dengan Android Wear. Bagaimana cara mengetahui aplikasi yang kompatibel dengan Android Wear? Sangat mudah, Anda tinggal mengklik menu “Browse compatible apps” di aplikasi Android Wear pada ponsel pintar. Dari pantauan, saat ini memang belum banyak aplikasi dengan Android Wear. Namun, Google telah menyediakan layanan peta digital Google Maps dan layanan pesan Google Hangouts untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Informasi waktu dan cuaca
Fungsi utama dari Android Wear, tentu saja memberikan informasi waktu dan cuaca. Perkiraan cuaca pada Android Wear mengacu pada sistem perkiraan cuaca Google Now. Ada banyak pilihan tampilan waktu di sini. Cukup dengan menahan jari di layar utama, maka Anda dapat mengganti tampilan waktu mulai dari gaya analog, digital, hingga pop culture.

Saat ini, Google sengaja membuat tampilan antarmuka Android Wear yang seragam, mulai dari tampilan utama hingga tampilan menunya di semua perangkat. Artinya, tidak ada custom skin di Android Wear, baik yang dibuat oleh produsen maupun pengembang pihak ketiga.Google tentu belajar banyak dari keberadaan custom skin di Android yang mengakibatkan tampilan antarmuka pada perangkat Android berbeda-beda antar produsen sehingga berpotensi membingungkan pengguna yang berpindah produk dan tidak memberi pengalaman sama.

Perintah suara Google Now
Jika layar utama Android Wear diketuk, Anda akan dibawa pada fitur Google Now yang bisa diperintah dengan suara. Komponen mikrofon dan kontrol suara pada Android Wear sangat kuat dan memuaskan. Cukup katakan “Okay, Google,” lalu lanjutkan perintah Anda. Tidak ada kesulitan ketika melakukan pencarian nama-nama lokasi ternama di Jakarta, dan Android Wear menyajikan informasi yang akurat jika lokasi yang Anda cari terdaftar di layanan peta digital Google Maps.

Ketika melakukan pencarian nama tokoh, Android Wear juga dapat mendeteksi dan mencari dengan sempurna, seperti nama tokoh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono ataupun Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Android Wear menyajikan sejumlah situs web dari mesin pencari Google, salah satunya halaman di Wikipedia.

Sebenarnya, Android Wear juga dapat diperintah untuk mencari nama dalam daftar kontak di ponsel pintar yang terhubung. Namun, ketika pencarian itu merujuk pada nama yang bernuansa Indonesia, ia agak kesulitan melacaknya. Ketika mencari nama Putri Izzati, Android Wear tidak menangkap suaranya dengan sempurna. Namun, jika namanya bernuansa barat, hasil pencarian dalam daftar kontak bisa jadi akurat.

Fitur Google Now di Android Wear juga dapat membuka aplikasi di ponsel. Anda cukup mengatakan “Open YouTube” atau “Go to YouTube,” maka aplikasi YouTube di ponsel pintar akan terbuka. Hal ini tidak hanya berlaku untuk aplikasi-aplikasi buatan Google, namun semua aplikasi yang terpasang di ponsel Anda, termasuk Google Maps, WhatsApp, BlackBerry Messenger, dan sebagainya.

Settings
Menu Settings dapat diakses dengan menyapu layar ke atas ketika berada dalam fitur Google Now. Di menu Settings ini terdapat beberapa fitur dan perintah. Berikut adalah urutan menu Settings di Android Wear:

1. Take a note (misalnya: drink more water)
2. Remind me to (misalnya: go for a run at 7am)
3. Show me my steps
4. Send a text
5. Send an email
6. Agenda for today
7. Navigate to (misalnya: a gas station nearby)
8. Set a timer (misalnya: for 20 minutes)
9. Start stopwatch
10. Set an alarm (misalnya: for 7am)
11. Show alarms
12. Settings
13. Start

Sejumlah menu di jam tangan pintar ini juga dapat Anda temukan dalam aplikasi Android Wear di ponsel pintar.Setelah sempat menjajal membuat catatan (take a note) dari jam tangan Android Wear, dan hasilnya, catatan tersebut masuk dalam aplikasi Google Keep dan dapat dibuka dari ponsel pintar. Ini adalah fitur yang hebat, sangat berguna untuk Anda yang sering mendapatkan ide-ide brilian di tengah perjalanan, di mana kondisi Anda tidak memungkinkan untuk mengeluarkan ponsel dari saku dan mengetik ide brilian itu.

Akan lebih menarik lagi jika di masa depan fitur catatan tersebut dapat terintegrasi dengan aplikasi sepopuler Evernote. Semoga Google mendengarnya! Notifikasi pesan dan telepon Android Wear menyajikan semua notifikasi yang muncul di ponsel pintar. Jika Anda menerima e-mail, pesan WhatsApp, Line, dan sebagainya, semuanya akan terlihat di jam tangan pintar.

Notifikasi pesan WhatsApp di Android Wear Sayangnya, Anda tidak bisa membalas pesan WhatsApp atau Line dengan memanfaatkan perintah suara di jam tangan Android Wear. Saat ini berbalas pesan dengan perintah suara di Android Wear hanya bisa dilakukan di layanan SMS, e-mail, dan Google Hangouts. Android Wear menawarkan sejumlah gestur navigasi yang cukup intuitif. Menyapu layar dari bawah ke atas berguna untuk menelusuri notifikasi, menyapu layar ke kanan adalah gestur untuk mengabaikan notifikasi (dismiss), sementara menyapu layar ke kiri berguna untuk mengakses sejumlah menu yang paling sering diakses.

Jika ada panggilan masuk di ponsel Anda, jam tangan Android Wear akan bergetar. Namun, Anda tak dapat menerima panggilan tersebut dari jam tangan pintar karena perangkat ini tidak disertai komponen speaker untuk mengeluarkan suara.Kebugaran Jam tangan pintar Samsung Gear Live dan LG G Watch yang dijajal memiliki fitur kebugaran yang dapat mendeteksi jumlah langkah.

Android Wear mampu mendeteksi jumlah langkah kaki penggunanya Namun, G Watch tidak dibekali fitur untuk mendeteksi denyut nadi. Fitur ini hanya ada di Gear Live, di mana sensor denyut nadi itu terdapat pada bagian bawah jam tangan. Pengguna juga dapat melihat riwayat denyut jantung untuk memantau kesehatan.

Kemampuan menampilkan semua notifikasi di jam tangan Andorid Wear sangat cocok untuk mereka yang terbilang cepat merespon beragam notifikasi pada ponsel. Ketika sedang mengemudi kendaraan, Anda cukup melirik pergelangan tangan guna mengetahui notifikasi yang masuk tanpa harus mengganggu konsentrasi mengemudi.

LG G Watch ditempelkan ke alat pengisi daya baterai. Akan tetapi, bagi pengguna yang punya karakter lambat merespon dan cenderung sering mengabaikan notifikasi di ponsel, Android Wear bisa jadi adalah produk yang menggangu. Hal itu sebenarnya bisa diatasi dengan “membungkam” atau mengatur Android Wear dalam posisi “mute.” Anda cukup menyapu layar utama dari atas ke bawah untuk modus “mute.”

Samsung Gear Live ditempelkan ke alat pengisi daya baterai Google memang tidak membuat jam tangan Android Wear sebagai produk mandiri, ia hanya perangkat penghubung dari ponsel pintar. Jam tangan Android Wear agak sulit dalam membantu Anda membalas email yang menumpuk, karena Anda akan kerepotan melakukan semua itu dari pergelangan tangan. Jari ini masih menjadi alat yang paling tepat untuk melakukan navigasi, apalagi mengetik pesan-pesan panjang.

Pencarian-pencarian informasi di internet yang terbilang ringan masih bisa disebut tepat jika dilakukan di Android Wear. Namun, jangan harap perangkat ini nyaman digunakan dalam melakukan pencarian informasi di internet untuk kebutuhan riset, misalnya. Ponsel, tablet, dan komputer pribadi, adalah perangkat paling tepat untuk melakukan pencarian informasi yang serius.

Di sisi lain, Android Wear punya potensi besar dalam hal melacak kebugaran dan kesehatan. Saat ini Google telah membekali fitur pelacak langkah kaki dan denyut jantung, dan akan lebih menarik jika dapat memprediksi jumlah kalori yang terbakar dan informasi kesehatan lain.

Mengikuti perkembangan teknologi Android Wear sangat menarik karena ia merupakan jawaban Google atas tren perangkat yang terus mendukung mobilitas pengguna. Google tentu punya segudang misi untuk Android Wear, apalagi mereka juga punya komitmen besar dalam industri mobile device dan wearable device.

One response to “Review Android Wear Jam Tangan Google

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s