Smartphone Murah Dengan Octa Core Mustahil Terwujud

Banyak vendor smartphone memilih MediaTek sebagai pilihan ‘otaknya’ karena mereka memproduksi prosesor — baik dual maupun quad core — dengan harga miring . Dengan begitu, harga jual smartphone pun bisa ditekan namun tetap menggunakan prosesor dengan teknologi terkini.

Hingga kini, belum ada satupun smartphone murah yang memakai prosesor 64 bit octa core. Terakhir baru Samsung yang dikabarkan akan membuat smartphone kelas menengah dengan prosesor 64 bit, itu pun bukan octa core. Nah, baru-baru ini MediaTek mengumumkan kehadiran prosesor anyarnya, yaitu prosesor dengan kode MT6795.

MT6795 ini adalah prosesor 64 bit dengan octa core yang sesungguhnya. Artinya, 8 inti prosesor yang ada itu akan bisa bekerja secara berbarengan, juga dilengkapi dengan teknologi CorePilot, yang bisa mengatur suhu serta performa prosesor.

Performanya juga tak main-main, MediaTek mengklaim bahwa prosesor ini akan mampu menjalankan layar dengan resolusi 2K atau beresolusi 2560×1600 pixel dengan refresh rate maksimal 120 Hz. MediaTek mengklaim bahwa smartphone pertama yang menggunakan prosesor ini akan dirilis di akhir tahun 2014. Sayangnya mereka memposisikan MT6795 ini sebagai prosesor kelas atas. Jadi kemungkinan besar MT6795 tidak akan digunakan di smartphone murah.

Namun jika menilik sejarah MediaTek yang identik dengan prosesor murah, bukan tak mungkin mereka akan membuat prosesor serupa tapi lebih ditujukan untuk kelas menengah ke bawah. Artinya, di masa yang akan datang, kehadiran smartphone murah yang memakai prosesor 64 bit dengan 8 inti bukan tidak mungkin menjadi kenyataan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s