Kisah Karyawan Yahoo Yang Dipaksa Bekerja Keras dan Melayani Hasrat Seks Direktrisnya

Yahoo bersiap membela salah satu eksekutifnya yang digugat karena pelecehan seks. Eksekutif bernama Maria Zhang itu diseret ke ranah hukum oleh mantan karyawan perempuannya, Nan Shi. Seperti apa cerita versi Nan Shi soal pelecehan seks tersebut? Yahoo sendiri sangat yakin, Zhang yang menjabat sebagai Senior Director of Engineering Yahoo ini tidak bersalah dan tuduhan Nan Shi tidak ada buktinya. Tapi Nan Shi mengklaim Zhang benar-benar melecehkannya.

“Zhang mengatakan Shi akan punya karir cemerlang di Yahoo jika dia mau berhubungan intim dengannya. Zhang juga mengatakan dia bisa mengambil semuanya dari Shi, termasuk pekerjaannya, sahamnya dan masa depannya jika tidak mau memenuhi keinginannya,” demikian tertera dalam dokumen pengadilan.

Dalam wawancara dengan San Jose Mercury News, Nan Shi mengisahkan semuanya berawal pada suatu malam di mana dia dipaksa melayani keinginan Zhang. Keduanya memang pernah tinggal bersama di perumahan Yahoo, tapi untuk alasan saling membantu dalam pekerjaan. “Aku sedang tidur lelap suatu pagi, di sofa karena dia tidur di kasurku, ketika dia tiba tiba datang dalam kondisi tanpa busana, membangunkan dan menciumku,” klaim Nan Shi.

“Aku terbangun dan ketakutan. Dia berkata bahwa dia menyukaiku sejak lama. Aku pun mengatakan kami hanyalah teman, bukan pacar,” lanjutnya lagi. Nan Shi menyatakan dia terpaksa beberapa kali memenuhi tuntutan Zhang, misalnya melakukan oral seks. Selain itu, kadang juga diminta bekerja terlalu keras

“Zhang memaksanya bekerja berjam-jam dan menulis email pekerjaan pada akhir pekan di apartemen, kadang-kadang sesudah melakukan seks,” demikian tertera dalam dokumen gugatan.

Lama kelamaan, Nan Shi tidak tahan dan menolak kemauan Zhang. Zhang pun marah dan memberi penilaian buruk soal kinerjanya. Nan Shi mengklaim, dia sudah coba melapor tindakan atasannya itu pada Yahoo, tapi tak dipedulikan. Ia malah diberhentikan dari Yahoo. Nan Shi yang merasa diperlakukan sewenang-wenang pun langsung mengajukan gugatan hukum. Dia mengatakan sebenarnya ingin melapor sejak lama, tapi khawatir dipecat. Kini dia sudah diberhentikan sehingga tidak ragu lagi menuntut mantan bosnya.

Di pihak lain, Yahoo berniat membela Zhang habis-habisan dari tuduhan pelecehan seks yang baru saja menimpanya. Yahoo sangat yakin Maria tidak bersalah. “Sama sekali tidak ada dasar atau kebenaran dalam tuduhan terhadap Maria Zhang. Maria adalah eksekutif teladan Yahoo dan kami berniat membersihkan namanya,” kata perwakilan Yahoo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s