Review dan Harga Nokia Lumia 630 dan 930

Nokia siap meluncurkan telepon pintar teranyarnya, Lumia 630. Ponsel ini sudah menggunakan sistem operasi Microsoft terbaru untuk perangkat bergerak, yaitu Windows Phone 8.1. Rencananya, ponsel ini dipasarkan di Indonesia mulai 11 Juli mendatang. “Windows Phone 8.1 menghadirkan pengalaman baru yang lebih banyak bagi pengguna,” ujar Product Manager Microsoft Device, Anvid Erdian, di Jakarta, Kamis, 3 Juli 2014.

Dia melanjutkan, sistem operasi ini memperkenalkan fitur baru dan pengembangan dari fitur yang sebelumnya sudah ada di seri Nokia Lumia. Fitur barunya adalah SensorCore yang berfungsi sebagai penghemat daya. Selanjutnya adalah Drive+ sebagai penunjuk jalan yang tampilannya didukung oleh peta berformat tiga dimensi. Ada juga PlayMe yang merupakan bagian dari layanan musik Mix Radio. PlayMe secara otomatis dapat menyusun daftar lagu sesuai dengan lagu yang paling banyak didengar pengguna lewat Mix Radio.

Anvid menyebutkan, Mix Radio juga menjadi fitur unggulan di Nokia seri Lumia. “Ini menghadirkan hingga 21 juta lagu secara gratis serta tidak menampilkan iklan,” kata dia. Lumia 630 dibekali oleh prosesor quad-core dengan kecepatan RAM 512. Anvid tidak menampik anggapan yang meragukan RAM-nya yang tidak besar untuk ukuran telepon pintar. Menurut dia, sistem operasi Windows Phone cukup efisien, sehingga tidak harus selalu memerlukan RAM yang besar.

Ukuran layarnya 4,5 inci yang diklaim mampu memaksimalkan gambar meskipun dalam kondisi sangat terang. Penampilannya eye catching dengan beragam pilihan warna terang pada casing, yaitu merah, oranye, kuning, dan hitam. Kapasitas memorinya mampu menampung file hingga 12 gigabita dengan micro SD. Terdapat juga gratis 15 gigabita untuk penyimpanan berbasis komputasi awan di layanan OneDrive. Ponsel ini dilengkapi fitur dobel kartu SIM. Satu unit Lumia 630 dibanderol Rp 1,99 juta.

Nokia kembali meluncurkan lini ponsel pintar mereka, Lumia. Produsen ponsel asal Finlandia yang sudah diakuisisi oleh Microsoft ini menelorkan tiga seri Lumia baru, yakni Lumia 930, Lumia 630, dan Lumia 635, Rabu, 2 April 2014. Ketiganya akan memakai OS Windows paling baru, yakni Windows Phone 8.1.

Lumia 930 menyasar kelas atas. Ponsel jagoan Nokia ini bentang layarnya 5 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080. Hasilnya, layarnya memiliki kerapatan 441 ppi. Materi layarnya menggunakan layar super sensitif ClearBlack AMOLED. Kamera menjadi unggulan ponsel ini. Kameranya memiliki daya jepret besar, yakni 20 Megapiksel, dengan fitur PureView. Fitur antigoyang OIS dan sensor lebar f/2,4 juga disertakan. Dengan flash dua buah, kamera ini bisa menangkap video dengan kualitas 1.080 piksel dengan kualitas 30 fps.

Jeroannya ditenagai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 800 quad-core berkecepatan 2.2 GHz CPU, RAM 2 GB, dan kapasitas penyimpanan 32 GB. Namun media penyimpanan tak bisa ditambah. Urusan koneksi, ponsel ini dilengkapi koneksi Wi-Fi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.0, NFC, dan colokan USB 2.0. Ponsel berdimensi 137 x 71 x 9.8 mm ini berbobot 167 gram. Semua kinerjanya ditenagai oleh baterai berkapasitas 2.420 mAh. Baterainya bisa diisi ulang dengan nirkabel.

Sedangkan Lumia 630 dan Lumia 635 spesifikasinya mirip. Yang membedakannya hanya soal koneksi Internet LTE (Lumia 635) dan HSPA (Lumia 630). Kedua ponsel ini memiliki layar 4,5 inci. Jenis layarnya LCD ClearBlack IPS. Perlindungan layarnya menggunakan Corning Gorilla Glass 3. Kemampuan kamera belakang hanya seperempat dibanding Lumia 930, yakni 5 MP. Urusan koneksi, dua ponsel ini dilengkapi jaringan Wi-Fi b/g/n, Bluetooth 4.0, dan slot micro-USB. Keduanya ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 400 dengan kecepatan 1.2 GHz quad-core. Kemampuan RAM 512 MB dan kapasitas penyimpanan hanya 8 GB. Namun masih bisa ditambah dengan microSD.

Seperti model Lumia sebelumnya, tiga ponsel ini akan tampil dengan kelir warna-warni. Untuk Lumia 630 dan 635 diperkirakan akan masuk pasar Eropa, Rusia, Cina, dan Asia pada Mei nanti. Harganya sekitar US$ 189 untuk Lumia 635, US$ 159 untuk Lumia 630 single SIM, dan US$ 169 untuk Lumia 630 dual SIM. Sedangkan Lumia 930 harganya tiga kali lipat, yakni US$ 599.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s