Intel Siapkan Prosesor Desktop Mini

Popularitas perangkat mobile seakan membuat komputer tradisional kehilangan pesona selama beberapa tahun belakangan. Hal ini akan coba diubah oleh Intel, raksasa chip yang produknya dipakai oleh kebanyakan pabrikan komputer desktop.

“Ada sejumlah produk baru tahun ini yang akan mengembalikan gairah ke desktop,” ujar Direktur Pemasaran Intel untuk Wilayah Asia Pasifik dan Jepang, Anuj Dua, dalam wawancara dengan sejumlah media di Jakarta, Rabu (21/5/2014).

Dua tak merinci apa persisnya produk baru yang dimaksud, tapi ia menyebutkan contoh sejumlah form factor desktop yang bebeda dari tipe tower komputer tradisional.

“Bayangkan komputer tipe All-in-One, konsumen nanti bisa memandangnya sebagai PC desktop ketika dibutuhkan dan TV ketika diinginkan, bayangkan ketika teknologi itu menghampiri rumah-rumah yang memang melihat konvergensi dua alat itu,” kata Dua.

Dia juga menyebutkan komputer dengan form factor mungil yang disebut Intel sebagai Next Unit Computing atau NUC. Kelas perangkat ini disebut Dua menawarkan kinerja lebih tinggi dibandingkan komputer konvensional namun dalam kemasan yang jauh lebih ringkas.

Dua mengakui bahwa belakangan ini memang tak banyak teknologi anyar yang muncul di segmen desktop. Namun, keadaan itu disebutnya bakal segera berubah. “Ada banyak inovasi baru yang sedang dikembangkan di desktop,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s