Tren Teknologi Printer Tahun 2014

Division Manager Canon Consumer System Product PT Datascrip, selaku distributor Canon, Monica Aryasetiawan, menyebutkan tren printer di Indonesia pada 2014 adalah printer multifungsi. Printer semacam ini mampu mencetak, memindai, meng-copy, serta mengirim faksimili, yang perintahnya dilakukan dari jarak jauh.

“Sekarang hampir semua penyedia menonjolkan sisi konektivitas, sudah bukan kejar-kejaran mengenai kecepatan mencetak,” ujar Monica di Jakarta, Selasa, 20 Mei 2014.
Selanjutnya, dia mengatakan, printer kini menjadi bagian dari perangkat gaya hidup. Ini terbukti dari penampilannya yang semakin modis, yang ditunjang dengan warna yang menarik.

Tren berikutnya yakni printer yang sifatnya ekonomis. “Terutama pada kategori pemula, karena orang mempertimbangkan biaya per lembarnya berapa,” kata Monica.

Meskipun printer multifungsi kian diminati, dia mengatakan kontribusi terbesar bagi pasar printer Canon di Indonesia berasal dari kategori pemula atau new entry, yaitu hampir 80 persen. Sisanya adalah printer kategori menengah dan menengah ke atas. Printer multifungsi Canon mewakili kategori produk menengah dan menengah ke atas.

Monica mengakui, pasar printer di Indonesia saat ini cenderung stagnan. Untuk mengatasi hal tersebut, Canon melakukan strategi dengan menggarap pasar yang ingin beralih dari printer konvensional ke printer multifungsi. “Misalnya untuk kategori middle, harganya kami jual terjangkau namun tidak ada fitur nirkabelnya,” ucap dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s