Android Silver Muncul Sebagai Pengganti Android Nexus Yang Sudah Tidak Diproduksi Lagi

Google sebelumnya telah diberitakan sedang membuat program Android Silver, program eksklusif bagi vendor yang ingin membuat smartphone Android dengan syarat ketat sesuai keinginan Google. Nampaknya, program Android Silver akan menjadi pengganti program Nexus yang telah berjalan hingga generasi kelima saat ini. Dengan demikian, hampir bisa dipastikan bahwa tahun depan tidak akan lagi ada Nexus 6.

Kabar bahwa program Nexus tidak akan dilanjutkan lagi tersebut pertama kali beredar dari akun Twitter @evleaks yang selama ini bocoran-bocorannya tergolong akurat. Evleaks berkicau pada 17 Mei lalu, mengabarkan bahwa tidak ada lagi Nexus 6 dan mengucapkan salam perpisahan dengan Nexus.

Kicauan tersebut kemudian disusul dengan kicauan lain yang mengindikasikan bahwa Android Silver menjadi pengganti program Nexus. “Don’t worry, there’s silver lining to this cloud…” (atau “Jangan khawatir, nanti ada hikmahnya…”) demikian kicau akun Evleaks, seolah memberikan petunjuk dengan kata silver.

Android Authority pada Sabtu (17/5/2014) lalu bahkan memprediksi bahwa Android Silver bisa saja hadir lebih cepat dari yang sebelumnya diperkirakan, yaitu Februari tahun depan. Dalam dokumen tentang Android Silver yang terungkap bulan lalu, disebutkan bahwa ponsel-ponsel yang masuk program Android Silver harus menjalankan sistem operasi Android versi terbaru dan hanya diizinkan melakukan perubahan secara terbatas.

Selain itu, Google juga meminta agar aplikasi-aplikasi bawaan yang dibuat oleh produsen tidak boleh terlalu banyak.

Kabar yang beredar tentang Google yang akan mengakhiri program Nexus memang sudah beredar sejak Januari lalu. Eldar Murtazin, blogger asal Rusia yang menjadi sumber informasi tersebut, mengatakan bahwa peranan seri Nexus akan digantikan sepenuhnya oleh perangkat “Google Play Edition” yang juga diproduksi oleh rekanan-rekanan Google.

Namun, jika rumor terbaru ini benar, maka Android Silver akan menjadi penerus Nexus yang selama ini menghadirkan pengalaman smartphone Google sejati, yang selalu mendapatkan update lebih cepat dari perangkat lain.Seri perangkat Nexus dari Google dikenal sebagai perangkat bikinan para produsen gadget rekanan Google yang datang dengan sistem operasi Android versi “polos”.

Di samping harga relatif terjangkau, smartphone dan tablet Nexus dikenal rajin mendapat update software terbaru dari Google. Akan tetapi, salah satu kabar terbaru yang dilansir oleh Pocket Lint menyebutkan bahwa produksi perangkat seri Nexus yang banyak digemari pengguna Android ini akan dihentikan oleh Google pada 2015 mendatang.

Eldar Murtazin, blogger asal Rusia yang menjadi sumber informasi tersebut, mengatakan bahwa peranan seri Nexus akan digantikan sepenuhnya oleh perangkat “Google Play Edition” yang juga diproduksi oleh rekanan-rekanan Google.

Murtazin juga menyebutkan bahwa Google akan merilis dua atau tiga perangkat Nexus baru pada tahun ini sebelum menghentikan lini produk itu tahun depan. Baik perangkat Nexus maupun Google Play Edition sama-sama mengusung OS Android versi “polos” yang tidak disesaki macam-macam bloatware atau skin UI. Bedanya, perangkat Google Play Edition dijual di bawah brand masing-masing, yang juga bertanggung jawab menyalurkan update OS untuk tiap gadget tersebut.

Para produsen yang telah mengeluarkan seri perangkat Google Play Edition antara lain Samsung, HTC, dan Motorola yang dimiliki oleh Google sendiri. Terdapat beberapa kemungkinan menyangkut penyebab hal ini, apabila benar-benar terjadi. Google boleh jadi merasa bahwa brand Nexus dipandang sudah tidak diperlukan karena terlalu mirip dengan gadget Google Play Edition.

Ada pula yang menyebutkan bahwa para partner Google yang membuat gadget Google Play Edition tak mau bersaing dengan seri Nexus yang selalu dijual dengan harga relatif rendah. Di sisi lain, sulit dibayangkan bahwa Google akan meninggalkan brand Nexus yang sudah dikembangkan selama lima tahun terakhir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s