Cara Menggunakan Layanan Cloud Computing Bagi Pebisnis

Aplikasi penyimpanan berbasis komputasi awan atau cloud, kini kian digemari. Tidak hanya menyasar perusahaan, adopsinya juga dihadirkan lewat aplikasi bagi konsumen perorangan, antara lain iCloud, OneDrive, Google Drive, dan Dropbox.

Komputasi awan digemari karena pengguna tidak perlu menyimpan data di perangkat khusus, seperti flash disk atau hard disk. Meskipun praktis, ada hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan aplikasi komputasi awan.

“Pengguna harus memperhatikan seperti apa pengelolaan data penyedia cloud,” ujar Transition Management Assistant PT Linatsarta, yang juga pakar teknologi informasi, Denny Sugiri, di Jakarta, Rabu, 14 Mei 2014.

Pengelolaan yang dia maksud, yakni apakah penyedia membagi datanya pada pihak ketiga atau tidak. Denny menyebutkan, penyedia seperti Google, membagi data pengguna ke pihak ketiga untuk beragam kepentingan. Data digunakan untuk melihat kebiasaan pengguna, yang nantinya berhubungan dengan pengiklan.

Denny mengatakan, jika calon pengguna tidak yakin dengan pengelolaan data, sebaiknya mencari alternatif penyedia lain.”Data yang dibagi ke pihak lain tentu saja berisiko mengalami banyak hal, salah satunya peretasan,” kata dia.

Jika sudah yakin dengan aplikasi yang dipilih, Anda disarankan untuk mengganti password secara berkala. Denny mengatakan, umumnya pengguna malas menghapal password. Sebaiknya, pengguna juga tidak mengabaikan permintaan pergantian password oleh penyedia layanan.

Penyedia solusi teknologi informasi, SAP memprediksi sebanyak 75 persen perusahaan di Indonesia bakal mengadopsi komputasi awan pada 2015. Komputasi awan yang tadinya digunakan oleh perusahaan besar, kini mulai dilirik oleh perusahaan berskala menengah dan kecil. Perusahaan asal Jerman ini juga memprediksi, pertumbuhan pasar komputasi awan di Tanah Air mencapai US$ 120 juta atau Rp 1,37 triliun pada 2017.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s