Cara Menggunakan ATM Agar Aman dan Uang Tidak Dibobol Hacker

Kepolisian Daerah Metro Jaya memberikan tip aman untuk penggunaan anjungan tunai mandiri (ATM) agar terhindar dari tindak kejahatan perbankan. Hal ini terkait kabar kasus pembobolan ATM di sejumlah bank terkemuka semakin merebak.

Dugaan kejahatan perbankan itu baru-baru ini, misalnya, diduga terjadi di sejumlah cabang Bank Mandiri. Bank pemerintah itu kemudian mengganti 2.000 kartu ATM nasabah Bank Mandiri. Pemblokiran itu dilakukan setelah Bank Mandiri menerima banyak keluhan dari nasabah yang curiga karena saldo di rekeningnya tiba-tiba berkurang sejak Jumat, 9 Mei 2014. Mesin anjungan tunai mandiri milik Bank Mandiri yang dinonaktifkan itu berada di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Salemba, Jakarta Pusat.

Seperti yang dikutip di laman resmi Polda Metro Jaya, Rabu, 14 Mei 2014, ada beberapa langkah untuk melindungi ATM dari tindak kejahatan. Melindungi kerahasiaan pin ATM menjadi hal yang utama. Caranya dapat mengganti PIN secara berkala dan menutup tangan ketika memasukkan PIN agar tak terlihat oleh pihak lain. Selain itu, jangan terpancing untuk memberikan PIN kepada siapa pun.

Kedua, menurut laman tersebut, cari lokasi ATM yang aman. Utamakan untuk melakukan transaksi di ATM yang terorganisir dengan bank. Ketiga, perhatikan kondisi fisik ATM dan sekelilingnya. Bila ada hal yang mencurigakan, nasabah diimbau tidak melakukan transaksi di ATM tersebut. Lalu, segera melapor kepada pihak bank terdekat atau pihak yang berwajib.

Selanjutnya, pada saat bertransaksi menggunakan kartu ATM pada merchant (toko yang bekerja sama dengan pihak perbankan), diharapkan nasabah memperhatikan kondisi alat elektronik data capture (EDC). Bila terdapat alat yang mencurigakan menempel pada EDC, nasabah diimbau tidak bertransaksi dan segera melapor kepada pihak bank terdekat atau yang berwajib.

Usai bertransaksi, segera tekan tombol secara acak agar pihak lain tidak dapat mendeteksi nomor pin atau angka-angka pada saat bertransaksi sebelumnya. Jika menemukan kejanggalan transaksi, segera blokir kartu ATM. Terakhir, jangan mudah percaya dengan bantuan orang lain di sekitar ATM. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s