2015 Mayoritas Perusahaan Indonesia Akan Gunakan Cloud Computing

Teknologi berbasis komputasi awan atau cloud diprediksi mengalami pertumbuhan yang pesat di Indonesia. Data SAP, sebagai penyedia solusi teknologi informasi memprediksi pada 2015, 75 persen perusahaan di Indonesia akan mengadopsi teknologi tersebut.

“Saat ini cloud tidak hanya diminati oleh perusahaan besar, tetapi juga perusahaan menengah di Indonesia,” ujar Managing Director PT SAP Indonesia, Megawati Khie, di Jakarta, Rabu, 14 Mei 2014.

Dia mengatakan, komputasi awan diminati karena konsepnya yang sederhana, yakni membagi kapasitas dan aplikasi dengan memanfaatkan internet sebagai medium utama. Aplikasi dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Bahkan Megawati mengatakan, salah satu mitra SAP di Indonesia, yakni sebuah bank, memanfaatkan aplikasi berbasis komputasi awan tidak hanya untuk kepentingan di divisi teknologi informasi. Bank tersebut mengembangkan aplikasi yang dapat diakses oleh setiap karyawan untuk mengetahui pencapaian perusahaan.

Selain sifatnya yang diklaim sederhana, komputasi awan juga dapat menghemat anggaran perusahaan. Sebabnya, dana yang dikeluarkan perusahaan tergantung dari seberapa besar kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan. “Kalau membeli server, sudah ada harga patokannya,” ucap Megawati.

Meski diklaim memberikan kemudahan, komputasi awan juga memiliki kelemahan. “Menggunakan cloud sangat bergantung dari koneksi Internet,” ujar Transition Management Assistant PT Lintasarta, yang juga pakar teknologi informasi, Denny Sugiri.

Dia menyoroti perkembangan infrastruktur penunjang koneksi Internet di Indonesia. Denny menyebutkan, penggunaan komputasi awan akan optimal di jaringan dengan kecepatan tinggi, yakni 4G long term evolution (LTE). “Padahal 3G saja di Indonesia belum merata, pemanfaatan cloud secara optimal masih membutuhkan waktu,” ucapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s