Teknologi NFC Untuk Potret Selfie

Tahun ini, Canon, melalui PT Datascrip, menyajikan tiga model kamera yang memiliki teknologi near field communication (NFC). Jika dibandingkan dengan merek lain, Canon tergolong agak terlambat melangkah. Menurut Marketing Manager Canon Image Communication Product PT Datascrip Angelie Ivone, fitur NFC dihadirkan seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna ponsel cerdas. Ivone optimistis pasar akan merespons positif kamera berteknologi NFC tersebut. “Kami targetkan penjualan ketiga kamera ini hingga akhir tahun sebanyak 9.000 unit,”.

Berapa model kamera Canon yang dilengkapi dengan teknologi nirkabel NFC?
Kamera yang sudah diluncurkan melalui PT Datascrip dan memiliki teknologi NFC ada tiga, yakni Canon PowerShot SX700 HS, PowerShot SX600 HS, dan IXUS 265 HS.

Kapan kamera Canon mulai dilengkapi dengan NFC?
Sejak awal 2014.

Apa alasannya Canon meluncurkan kamera yang dilengkapi NFC? Apa kelebihannya dibandingkan dengan kamera yang tidak dilengkapi dengan NFC?
Dengan NFC, pengguna lebih mudah menghubungkan kamera dengan gadget/smartphone dan membuka aplikasi Canon Camera Window secara otomatis, melakukan pengaturan, pemotretan, dan transfer foto secara nirkabel. Hanya cukup satu sentuhan, keduanya akan terhubung. Fitur ini dilengkapi kamera Canon sebagai salah satu strategi untuk terus mengusung teknologi yang selalu berorientasi pada tren dan perkembangan kebutuhan pengguna.

Bagaimana respons konsumen di Indonesia terhadap model kamera tersebut?
Ketiga kamera itu mulai tersedia di Indonesia pada Mei mendatang dan kami yakin respons pasar terhadap produk ini akan cukup positif seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna smartphone di Indonesia, yang membutuhkan kepraktisan saat menghubungkan kedua alat.

Apakah kehadiran kamera yang dilengkapi NFC menjadi strategi bisnis untuk menghadapi kamera selfie?
Dengan NFC, pengguna smartphone tidak hanya dapat melakukan remote shooting untuk dirinya sendiri, tapi juga dapat dioperasikan dengan jarak lebih jauh hingga 10 meter. Hal ini sangat berguna ketika fotografer ingin ikut serta dalam foto grup sehingga tidak perlu lagi menggunakan self-timer.

Siapa target pembeli kamera yang dilengkapi dengan NFC?
Target fitur NFC adalah pengguna smartphone yang menginginkan kualitas foto lebih baik dan menginginkan kemudahan memotret dengan fitur remote shooting. Namun secara umum kamera ini ditargetkan juga untuk masyarakat luas karena fitur NFC ini hanya salah satu dari sekian banyak fitur canggih lain yang memudahkan pengguna merekam momen berharga mereka dalam bentuk foto dan video yang indah dan berkualitas tinggi. Kami targetkan penjualan ketiga kamera ini hingga akhir tahun sebanyak 9.000 unit.

Lalu bagaimana dengan model kamera Canon yang tidak dilengkapi dengan NFC, adakah alternatif yang dimiliki konsumen tersebut agar dapat tersambung dengan media sosial?
Kamera yang memiliki koneksi Wi-Fi, baik kamera saku dan kamera DSLR, tetap dapat memindahkan foto dan video ke smartphone dengan menggunakan aplikasi Canon Camera Window. Aplikasi ini tersedia gratis di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s