NFC Teknologi Baru Untuk Transfer Foto

Ponsel pintar dan kamera kini bukan lagi dua perangkat “egois”. Keduanya telah menjadi kawan dalam hal pengaturan dan pengiriman gambar ataupun video. Kedua perangkat itu disatukan dengan teknologi nirkabel yang disebut near field communication (NFC). Cukup dekatkan kedua perangkat, keduanya akan bersahabat.

Konektivitas generasi masa depan itulah yang mulai ramai dijumpai pada berbagai ponsel dan kamera pintar. Kemewahan NFC tidak hanya milik kamera lepas-tukar (interchangeable), tapi juga kamera saku, seperti yang akan dipasarkan Canon pada Mei mendatang. Manajer Marketing Canon Image Angelie Ivone mengatakan kamera saku yang dilengkapi dengan NFC itu diluncurkan untuk mengimbangi tren dan perkembangan kebutuhan pengguna.

“Cukup sentuhkan saja, kedua kamera dan ponsel pintar akan terhubung,” katanya dalam balasan pesan elektronik yang diterima Tempo, Rabu lalu. Di samping NFC, kamera juga dilengkapi dengan fitur Wi-Fi. Fitur itu digunakan seiring dengan meningkatnya penetrasi Internet di Tanah Air. Wi-Fi memudahkan pengguna mengunggah foto ataupun video ke berbagai laman jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter.

Perusahaan asal Jepang lainnya, Sony, juga melengkapi dua kamera terbarunya di Tanah Air dengan fitur NFC dan Wi-Fi, yakni Alpha 5000 dan Alpha 6000. Wi-Fi terintegrasi memungkinkan koneksi sekali sentuh dengan ponsel pintar atau sabak digital Android dengan kemampuan NFC. Satu sentuhan dapat mengaktifkan Smart Remote Control, menghubungkan kamera dengan ponsel pintar atau sabak digital untuk melihat gambar, atau mengaktifkan shutter dari jarak jauh.

Dibandingkan dengan Canon, kedua kamera terbaru yang dikeluarkan Sony itu termasuk dalam kelas premium karena mengusung lensa lepas-tukar. Apalagi Alpha 5000 yang disebut-sebut sebagai kamera teringan dengan bobot 210 gram atau setara dengan sekaleng minuman ringan. Harga Alpha 5000 dengan satu lensa dibanderol Rp 6 juta. Sedangkan Alpha 6000 memiliki kecanggihan sebagai kamera dengan autofocus (AF) tercepat: 0,06 detik.

Adapun Samsung menyuguhkan kamera terkoneksi NFC dan Wi-Fi dengan kisaran harga Rp 3-12 juta. Perusahaan raksasa asal Korea Selatan ini pertama kali melahirkan kamera pintarnya dengan nama Galaxy Camera 2 pada Februari lalu. Kini setidaknya sudah ada empat kamera terkoneksi nirkabel yang hadir di Tanah Air, di antaranyaNX30, yang sudah dipasarkan pada Maret lalu, serta WB1100F dan WB350F. “Samsung selalu berinovasi dalam mengembangkan teknologi terdepan berdasarkan kebutuhan konsumen akan gaya hidup yang bermobilitas tinggi,” kata Maryna Mai, Corporate Marketing Public Relations Samsung Indonesia,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s