Di ASEAN Kecepatan Internet Indonesia Paling Bawah

ASEAN DNA mempublikasikan infografis yang menunjukkan kecepatan Internet di setiap negara ASEAN. Hasilnya, berdasarkan penelitian, Indonesia masuk dalam daftar tiga terbawah dengan kecepatan 4,1 megabita per detik (Mbps). Seperti dilansir situs GMA Network, Selasa, 22 April 2014, peringkat Indonesia masih di atas Laos, yang memiliki Internet berkecepatan 4 Mbps. Adapun Filipina menjadi negara dengan kecepatan Internet paling lambat, yakni 3,6 Mbps.

Singapura memiliki kecepatan Internet 61 Mbps, dan ini menjadikannya negara dengan akses Internet tercepat di Asia Tenggara. “Kecepatan tersebut 1.500 persen lebih besar dibanding Filipina,” tulis laporan tersebut. Angka ini juga cukup jauh melampaui negara maju lainnya, seperti Jepang (41,7 Mbps) dan Amerika Serikat (22,3 Mbps).

Meski memiliki perbedaan yang sangat signifikan dengan Singapura, Thailand menjadi negara dengan kecepatan Internet tertinggi kedua di ASEAN, yaitu 17,7 Mbps. Peringkat ketiga adalah Vietnam dengan 13,1 Mbps, disusul Kamboja (5,7 Mbps), kemudian Malaysia (5,5 Mbps), serta Brunei Darussalam dan Myanmar (masing-masing 4,9 Mbps).

Laporan ini juga menyebutkan bahwa rata-rata kecepatan Internet di ASEAN yakni 12,4 Mbps. Sedangkan rata-rata kecepatan Internet secara global adalah 17,5 Mbps.

Sebelumnya, distributor jaringan, Akamai, juga sempat melakukan penelitian serupa. Perusahaan yang bermarkas di Massachusetts, Amerika Serikat, ini menyebutkan Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, dan Hong Kong merupakan negara dengan tingkat adopsi broadband tertinggi di Asia-Pasifik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s