Heartbleed Juga Ancam Android Jelly Bean

Bukan hanya web situs dan akun pengguna saja yang tidak aman dari serangan bug Heartbleed. Google melaporkan bahwa gangguan itu juga berisiko menyerang sistem operasi Android. Menurut laporan, sistem operasi Android 4.1.1 Jelly Bean adalah yang paling rentan pada serangan itu.

“Ada jutaan ponsel dan tablet yang berjalan dengan sistem operasi Android, termasuk yang berjalan dalam Samsung, HTC, dan sejumlah perangkat lainnya,” kata juru bicara Google, seperti diberitakan oleh Mashable, Sabtu, 12 April 2014.

Menurut data statistik, Jelly Bean berjalan pada 34,4 persen perangkat Android. Perusahaan menjelaskan, dari 900 juta perangkat Android yang aktif di dunia ini, sekitar kurang dari 10 persen di antaranya menjadi rentan terhadap serangan bug Heartbleed.

Google kini sedang mencoba memperbaiki “kebocoran” ini dan akan segera dibagikan kepada semua mitra Android. Selain itu, Google akan mengawasi pembaruan sistem operasi Android dari produsen ponsel atau operator nikrkabel.

Bug Heartbleed ditemukan oleh peneliti keamanan Google pada Rabu lalu. Berdasarkan data, sekitar 500 ribu situs di Internet terserang bug Heartbleed. Di lain pihak, lebih dari seribu di antaranya masih dalam kondisi rentan hingga Jumat sore kemarin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s