Adobe Lightroom Versi iPad Diluncurkan

Penyedia layanan penyuntingan foto, Adobe, meluncurkan aplikasi Lightroom versi mobile untuk sabak digital iPad. Aplikasi ini dapat digunakan langsung dan ditingkatkan fiturnya melalui versi Lightroom 5. Keunggulan Lightroom 5 adalah dapat mensinkronkan koleksi foto secara otomatis. Hal ini memungkinkan pengguna layanan Creative Cloud langsung menyunting dan memiliki foto dengan versi terbaru yang disinkronkan.

“Anda dapat menyunting banyak foto sekaligus melalui Lightroom mobile, dan dapat meneruskan kembali lewat komputer,” tulis situs The Verge, Selasa, 8 April 2014. Meski dalam versi mobile, Lightroom tetap menghadirkan fitur utama seperti yang ada pada versi desktop. Fitur utamanya, antara lain basic, exposure, saturation, dan colour temperature, tetap bisa dijumpai. Namun fitur lanjutan, seperti tone curve atau modifikasi pengaturan warna, belum tersedia.

Pengguna juga tidak perlu khawatir ketika mengakses menu pilihan tanpa menggunakan tetikus. Untuk menggunakan fitur histogram, pengguna cukup mengetuk menggunakan dua jari. Sedangkan untuk melihat foto versi asli, buat ketukan dengan tiga jari.

Untuk sementara, Lightroom baru tersedia di iPad. Adobe belum mengkonfirmasikan perihal kehadirannya di perangkat bergerak merek lain. Perusahaan yang bermarkas di California ini menyatakan masih ingin berfokus pada peningkatan fitur dalam Lightroom mobile.

Lightroom versi Android akan hadir pada tahun ini. Meski Lightroom tersedia gratis, untuk mengunduhnya, Anda harus melakukan registrasi lewat Creative Cloud yang biaya per bulannya US$ 9,99 atau sekitar Rp 112 ribu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s