Spefisikasi Dan Review Nokia X Android

Telepon seluler pintar Nokia X akhirnya resmi diluncurkan di Indonesia. Nokia X menjadi ponsel pertama Nokia yang dibekali sistem operasi Android. Meski menggunakan sistem operasi Android, Nokia X tetap bisa menjalankan aplikasi yang berasal dari Nokia Signature dan Microsoft yang sebelumnya lazim ada di ponsel pintar Nokia.

Product Marketing Manager Nokia Indonesia, Wirda Haryany, mengatakan ponsel ini ditargetkan mampu menjangkau berbagai kalangan di tanah air. “Ini harganya kompetitif dengan fitur yang lengkap,” ujar Wirda di Jakarta, Kamis, 27 Maret 2014. Untuk ukuran ponsel pintar, harganya dapat dikatakan murah yaitu Rp 1,6 juta. Nokia X bisa dijumpai di seluruh Indonesia mulai 12 April mendatang.

Wirda menyebutkan sejumlah keunggulan yang ditawarkan Nokia X. Ponsel ini memiliki tampilan ramping dengan ukuran layar 4 inci, serta ketebalan 10,4 milimeter. Prosesor yang digunakan 1 gigahertz dual-core dengan RAM 512 gigabita. Sistem operasinya adalah Android Open Source Project 4.1. Namun, Wirda belum memastikan ketersediaan update Android untuk seri yang lebih baru.

“Ponsel ini menghadirkan dobel kartu SIM untuk menunjang komunikasi penggunanya,” kata Wirda. Dia melanjutkan, konektivitas Nokia X ditunjang oleh jaringan 3G. Aplikasi unggulan Nokia yang dihadirkan, antara lain Mix Radio yang menyediakan 21 juta lagu secara gratis. MixRadio memungkinkan penggunanya untuk membuat daftar lagu secara offline. Kemudian, aplikasi HERE Maps, berupa peta dan rute perjalanan.

Selanjutnya adalah aplikasi yang berasal dari Microsoft, yakni Skype, OneDrive, dan Microsoft Outlook. Seluruh aplikasi Android yang sudah ada, dapat dijalankan di Nokia X. Cara memperoleh aplikasi Android dengan mengunduhnya melalui Nokia Store, toko online pihak ketiga, dan Sideload. Setiap pembeli Nokia X akan mendapatkan layanan gratis telepon melalui Skype. Ada juga gratis fasilitas OneDrive dengan kapasitas 7 gigabita dengan cara memasukkan Microsoft ID. Kapasitas dapat ditambah menjadi 10 gigabita jika melakukan sinkronisasi file.

Laman antarmuka atau user interface Nokia X, hadir dengan format tile seperti yang sebelumnya ada di Nokia Lumia. Terdapat fitur Fastlane yang memungkinan pengguna mengatur laman utamanya. “Fastlane dapat merekam segala aktivitas yang sudah dilakukan, seperti lagu apa yang diputar,” kata Wirda. Dengan fitur itu, pengguna tidak perlu repot membuka fitur media ketika ingin memutarnya kembali. Fastlane juga dapat memunculkan notifikasi berupa penanda surat elektronik atau pesan yang masuk, ke layar utama. Notifikasi dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan selera pengguna.

Dalam memasarkan Nokia X di Indonesia, Nokia menggandeng mitranya, PT Telkomsel. Penjualan dilakukan melalui bundling dengan data, gratis pesan singkat, dan telepon selama tiga bulan. Telkomsel memberlakukan sistem pemotongan pulsa untuk setiap pembelian aplikasi melalui Nokia X.

Product Marketing Manager Nokia Indonesia, Wirda Haryany, yakin kehadiran telepon seluler pintar Nokia X tidak akan menggerus pasar Nokia Asha di Indonesia. Nokia Asha dikenal sebagai ponsel pintar yang harganya murah. Adapun Nokia X, yang baru meluncur di Tanah Air, juga dijual dengan harga terjangkau, yakni Rp 1,6 juta.

“Portfolio antara Nokia Asha dan Nokia X saling melengkapi, jadi tidak akan saling menekan,” ujarnya di Jakarta, Kamis, 27 Maret 2014. Wirda mengatakan terdapat perbedaan segmen pengguna kedua jenis ponsel tersebut.Wirda mengklaim Nokia Asha selama ini berhasil mempertahankan kekuatan kontennya. Sedangkan Nokia X menjanjikan kelengkapan fitur dan aplikasi yang berasal dari Android, Microsoft, dan Nokia Signatures.

Nokia X resmi diluncurkan di Indonesia hari ini dan dipasarkan mulai 12 April mendatang. Perangkat ini hadir dalam penampilan yang ramping dengan layar 4 inci dan ketebalan 10,4 milimeter.Ponsel ini menggunakan sistem operasi Android Open Source Project 4.1. Wirda enggan memastikan apakah sistem operasi itu dapat sewaktu-waktu diperbarui ke seri Android yang lebih anyar atau tidak. “Kalau upgrade pasti ada, namun seperti apa ketersediaannya, tunggu saja,” kata dia.

Prosesornya 1 gigahertz dual-core dengan RAM 512 gigabita. Baterainya memiliki kekuatan 1.500 mAh. Kameranya hanya terdiri atas kamera belakang dengan resolusi 5 megapiksel tanpa dilengkapi LED flash. Sedangkan mengenai seri Nokia Android lainnya, yaitu Nokia X Plus dan Nokia XL, Wirda enggan memastikan apakah keduanya akan hadir di Indonesia atau tidak. “Kalau ada kabar terbaru, pasti kami sampaikan,” ucapnya.

Nokia akhirnya meluncurkan telepon pintar Nokia X di Indonesia, Kamis, 27 Maret 2014. Ponsel pintar yang dijalankan dengan sistem operasi Android ini merupakan hal yang istimewa karena selama ini Nokia dibekali dengan sistem operasi Windows Phone.

Sebelumnya, Nokia X sudah diperkenalkan lewat ajang Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, Februari lalu. “Nokia X dapat menjalankan aplikasi Android, Microsoft, dan Nokia Signature Apps,” ujar Presiden Direktur Nokia Indonesia William Hamilton-Whyte di Jakarta.

William mengatakan, meski menggunakan sistem operasi Android, Nokia X tidak akan menanggalkan ciri khasnya sebagaimana seri terdahulu. “Fitur utama andalannya adalah musik, video, dan permainan,” katanya.Nokia X memiliki ukuran layar 4 inci dengan ketebalan 10,4 milimeter. Prosesor yang digunakan adalah 1 gigahertz dual-core dengan RAM 512. Sistem operasi yang digunakan adalah Android Open Source Project 4.1. Product Marketing Manager Nokia Indonesia Wirda Haryany enggan memastikan apakah sistem operasi itu dapat sewaktu-waktu diperbarui ke seri Android yang lebih anyar atau tidak. “Kalau upgrade, pasti ada. Namun seperti apa ketersediaannya, tunggu saja,” katanya di tempat yang sama.

Aplikasi unggulan Nokia yang dihadirkan antara lain MixRadio yang menyediakan 21 juta lagu secara gratis. MixRadio memungkinkan penggunanya untuk membuat daftar lagu secara offline. Kemudian, aplikasi HERE Maps berupa peta dan rute perjalanan. Selanjutnya adalah aplikasi yang berasal dari Microsoft, yakni Skype, OneDrive, dan Microsoft Outlook. Seluruh aplikasi Android yang sudah ada dapat dijalankan di Nokia X. Cara memperoleh aplikasi Android adalah dengan mengunduhnya melalui Nokia Store, toko online pihak ketiga, dan Sideload.

Satu unit Nokia X dibanderol Rp 1,6 juta dan dipasarkan di Tanah Air mulai 12 April mendatang. Nokia X tersedia dalam enam pilihan warna, yaitu merah, hijau, cyan, kuning, putih, dan hitam. “Kami ingin menjangkau seluruh masyarakat Indonesia dengan menjual produk yang terjangkau,” ujar Wirda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s