Spesifikasi Ponsel HTC One M8 Yang Tercanggih Saati Ini

Perusahaan HTC membuat ponsel cerdas dengan desain indah berbahan alumunium. Hal ini jauh berbeda dibandingkan dengan kebanyakan ponsel berbasis Android yang terbuat dari plastik. Pilihan bahan metal membuat tampilan HTC One M8 terlihat premium. “Kami benar-benar mencoba menghasilkan produk yang indah lewat teknik yang berkualitas,” kata Scott Croyle, Kepala Desain HTC, kepada CNET.

HTC One M8 memang tidak mengalami perubahan radikal dibandingkan seri orisinal HTC One, yang diluncurkan setahun lalu. Namun, Croyle meyakini bahwa perusahaan telah mencapai prestasi terbaiknya saat ini. “Kami merasa telah membuat produk yang tepat dan kami ingin bisa memanen hasilnya sebanyak mungkin,” ujar Croyle.

Croyle bercerita bahwa menjelang Desember 2012, beberapa bulan sebelum peluncuran HTC One, dia dan tim mempresentasikan ide-ide baru untuk ponsel berikutnya, yaitu HTC M8. Tim memiliki satu tugas penting, yaitu menghilangkan sebanyak mungkin unsur plastik pada ponsel selanjutnya. Mereka tahu bahwa HTC One unggul secara desain dibandingkan dengan ponsel premium lainnya. Namun, ponsel ini masih memiliki unsur plastik pada sisinya, yaitu bagian atas dan bawah.

Keputusan untuk menambah unsur logam merupakan tantangan tersendiri. Ini karena sinyal radio telepon tidak bisa diterima baik oleh logam sehingga bisa mengakibatkan gangguan saat komunikasi berlangsung. Ini yang membuat hanya sedikit ponsel berbahan casing terbuat dari logam. Untuk mengakalinya, ponsel seperti Samsung Galaxy S5 dan iPhone 5 memiliki unsur kaca pada bagian atas dan bawahnya untuk memudahkan masuknya sinyal gelombang radio. Selain itu, bahan logam membuat biaya produksi secara matematis lebih mahal.

Menurut Croyle, HTC One memiliki unsur plastik pada bagian daerah antena agar sinyal gelombang radio bisa masuk. Ini membuat alumunium sekitar 70 persen dari total casing belakang. Pada HTC One M8, tim meningkatkan jumlah logam menjadi hingga 90 persen. Ini membuat casing belakang terbuat dari logam hingga pinggiran kaca layar.

Trik yang digunakan adalah membuat celah pada casing alumunium itu pada tempat unsur plastik yang tadinya berada. Lalu, celah ini diisi dengan plastik sehingga seluruh casing logam terlihat menyatu tanpa ada celah sedikit pun.

Kemudian casing alumunium dibilas dengan teknik tertentu sehingga menghasilkan warna keabu-abuan melalui dua tahap. Pada bagian belakang, tim desain juga memasang dua kamera untuk menghasilkan foto dengan kualitas terbaik. Idenya berasal dari tim desain lain yang juga menghasilkan ide untuk pembuatan Boomsound stereo speaker, yang dipasang pada seri One orisinal.

Kamera belakang menggunakan teknologi mirip dengan kamera Lytro, yang membuat munculnya efek kedalaman pada gambar yang dihasilkan. Untuk cover, idenya datang dari tim desain Croyle. Ini memungkinkan tampilan layar terkesan berbintik-bintik saat menampilkan waktu dan cuaca. Chief Executive Officer HTC Peter Chou sangat menyukainya dan minta hal ini ada pada peluncuran One M8.

Chou juga meminta tim untuk mengembangkan teknologi hemat baterai agar meskipun sisa energi tinggal 5 persen, ponsel tetap bisa beroperasi hingga 15 jam. Saat ini, fitur tersebut masih terus disempurnakan.HTC akhirnya resmi meluncurkan ponsel premium terbarunya bernama HTC One (M8), Selasa, 25 Maret 2014, di New York, Amerika Serikat. Inilah ponsel penerus HTC One dengan layar lebih besar. Sementara HTC One memiliki layar 4,7 inci, HTC One (M8) diperkuat layar seluas 5 inci.

Hadir dengan balutan warna gunmetal gray, HTC One (M8) diperkaya dengan fitur terbaru Sense 6. Selain itu juga terdapat Smart Sensor Hub untuk segala kebutuhan dan Motion Launch, yang memberikan kemudahan kontrol untuk penggunaan sehari-hari. Yang menarik adalah dibenamkannya teknologi Duo Camera yang mampu menghasilkan foto-foto kreatif berkualitas profesional. Sedangkan untuk urusan audio, HTC One (M8) dilengkapi dengan teknologi HTC BoomSound, yang mampu menghasilkan audio kualitas tinggi.

“HTC One (M8) adalah ponsel terbaik sejauh ini yang pernah kami luncurkan,” kata Peter Chou, CEO, HTC, dalam acara peluncuran yang di Indonesia berlangsung pada pukul 22.30 WIB. “Kesuksesan HTC dalam menciptakan ponsel terbaik pada 2013 tidak menghentikan upaya kami untuk berinovasi.” Dalam merancang HTC One (M8), perusahaan asal Taiwan ini mengedepankan konsep, “simple, beautiful, dan brilliant,” kata Samudro Seto, Head of Product Marketing, Indoensia, dalam acara first preview sebelum acara peluncuran di Jakarta.

Desain HTC One yang mendapat berbagai penghargaan dunia lebih disempurnakan pada HTC One (M8). Salah satunya konsep unibodi yang diusungnya kini 90 persen berbalut metal. Saat memegang ponsel ini kesan premium sangat terasa. “Luxurious,” kata Seto. Di bagian dalam, HTC One (M8) membawa prosesor Snapdragon 801. Sedangkan Duo Camera di bagian belakang membuat gambar terlihat lebih dalam. Latar depan dan belakang terlihat terpisah dan lebih tajam. Sedangkan kamera depan sebesar 5 megapiksel dengan f-2.0 wide angel.

Salah satu fitur tambahan pada HTC One (M8) ini adalah terdapatnya slot kartu memori micro-SD untuk menambah daya tampung memori bawaan sebesar 16 dan 32 gigabita. Adapun baterai yang digunakan berkapasitas 2.600 mAh. Untuk pengisian selama 1 jam, kapasitas baterai terisi 80 persen.

HTC One (M8) akan tersedia untuk pasar Indonesia mulai April mendatang. Kapan pastinya, Seto belum bisa mengkonfirmasi. Begitu pula dengan harga jual per unit. Yang pasti, HTC One (M8) akan berhadapan langsung dengan Samsung Galaxy S5 dan Sony Xperia Z2 di pasar ponsel premium.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s