Cara Menelpon Melalui WhatsApp dan Blackberry BBM

Tak lama setelah diakuisisi Facebook seharga 19 miliar dolar, WhatsApp mengumumkan akan segera menambahkan fitur menelpon (voice) pada aplikasi perpesanannya dalam kuartal kedua tahun ini. WhatsApp akan fokus pada kesederhanaan. “Voice akan hadir untuk Android dan iOS awalnya dan kemudian pada beberapa ponsel Nokia dan BlackBerry,” kata CEO WhatsApp Jan Koum di ajang Mobile World Congress 2014 di Barcelona, Spanyol, seperti dikutip TechCrunch.

Langkah WhatsApp itu akan menempatkannya lebih kompetitif dalam persaingan dengan Kakao Talk, Line, BBM, dan aplikasi perpesanan lain yang juga menawarkan fitur komunikasi suara. Koum mengatakan, WhatsApp hari ini mempunyai pengguna aktif bulanan 465 juta, dan 330 juta pengguna harian, atau naik 15 juta sejak diakuisisi Facebook.

Koum memastikan belum ada rencana WhatsApp untuk menyertakan iklan-iklan dalam layanannya. “Still no marketing,” katanya. BlackBerry pada Jumat dinihari WIB merilis update (pembaruan) BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android, iPhone, dan perangkat BlackBerry, dengan salah satu fitur yang ditunggu-tunggu adalah freecall (menelepon gratis) di antara pengguna BBM.

Sebenarnya fitur free call ini tidak terlalu asing bagi pengguna pesan instan lainnya seperti LINE, KakaoTalk, atau WeChat, bahkan beberapa bisa juga melakukan video call sehingga bisa saling bertatap muka saat bertelepon. Kata yang tepat mungkin bukan bertelepon gratis namun bertelepon tanpa memotong pulsa. Karena dalam fitur baru tersebut Anda harus berlangganan data terlebih dulu atau terhubung dengan WiFi yang tentu yang tentu mengeluarkan dana terlebih dahulu (kecuali WiFi gratis).

Sebenarnya perangkat BlackBerry ada BBM versi 8 yang juga bisa melakukan telepon asal perangkat terhubung dengan WiFi. Namun BBM untuk perangkat Android dan iOS, sejak diluncurkan BBM pada Oktober 2013, fitur bertelepon ini baru ada saat ini sehingga boleh dikatakan BBM untuk Android agak tertinggal dengan para pesaingnya dalam hal freecall.

Untuk BBM Android fitur freecall tersebut dinamakan “BBM Voice”. Disebutkan dalam dalam blog resmi BB, dengan BBM Voice pengguna bisa bertelepon dengan menggunakan koneksi data atau WiFi. Langkah awal yang dilakukan tentu saja Anda harus melakukan update aplikasi BBM untuk Android.

Untuk menelepon sangat mudah. Cari kontak yang ingin Anda telepon. Disebutkan bila seorang kontak BBM tersedia untuk ditelepon, Anda akan melihat ikon hijau pada pojok kanan atas percakapan (chat). Namun pada kenyataannya setelah kita mengupdate BBM, hampir seluruh kontak ada ikon hijau.

Dengan menyentuh ikon hijau itu panggilan telepon Anda akan terhubung. Setelah melakukan tap (menyentuh ikon berwarna hijau) berarti ada telah melakukan sambungan telepon. Ada tiga ikon setelah itu yakni speaker (jika ingin mengeraskan suara), mute (jika ingin suara Anda tidak didengar lawan bicara namun panggilan telepon terus berlangsung), dan ikon untuk memberhentikan pembicaraan.

Sementara itu, jika Anda menerima panggilan maka akan muncul foto profil penelepon dan untuk menjawab maka ada pilihan untuk menerima atau menolak panggilan dengan cara menggeser ikon berupa tombol ke kanan atau ke kiri.

Dalam rilisnya, pihak BB mengatakan panggilan bisa dilakukan dengan menggunakan layanan data atau WiFi. Namun saat digunakan layanan data belum berhasil melakukan panggilan. Belum diketahui apakah karena jaringan yang buruk sehingga panggilan tidak berhasil.

Saat mencoba menelepon ke perangkat BlackBerry yang suda mempunyai fitur BBM Voice (BBM versi 8.0.0.92) juga tidak berhasil, artinya mungkin panggilan ini hanya bisa sesama pengguna Android.

BBM Voice hanya salah satu fitur dalam update BBM untuk Android tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s